Mengenal M1, Chipset Pertama yang Dibuat Apple untuk Mac Terbaru

Asaljeplak.my.id –Apple perkenalkan chipset M1, sebuah prosesor pertama yang dibuat Apple, pada Rabu (11/11/2020) dini hari. Peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan keluarnya seri Mac terbaru Apple.

Dilansir dari laman resmi Apple, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini mengklaim bahwa chip M1 bisa menghasilkan performa dan efisiensi yang luar biasa pada seri Mac terbarunya.

“Belum pernah ada chip seperti ini. Lebih dari satu dekade kami persiapkan untuk membuat chip yang nantinya akan mengantarkan era baru pada Mac,” jelas Senior Vice President of Hardware Technologies Apple, Johny Srouji.

M1 sendiri merupakan sebuah chip komputer pribadi pertama yang dibuat menggunakan teknologi prosesor 5nm dengan dukungan 16 miliar transistor. Hal itu menjadikan chipset M1 memiliki unsur dengan jumlah terbesar yang pernah dimasukkan Apple ke dalam satu chip.

Baca Juga:
Pakai Chip Baru, Apple Resmi Rilis MacBook Pro dan MacBook Air

Sebelumnya, Mac menggunakan banyak chip untuk CPU, sistem input-output (I/O), keamanan, dan lainnya. Dengan M1, semua teknologi itu digabungkan ke dalam satu chipset untuk memberikan tingkat integrasi dan efisiensi daya yang lebih baik.

M1 juga dilengkapi dengan arsitektur memori terpadu yang menyatukan bandwidth tinggi, memori latensi rendah, ke dalam satu kesatuan dalam paket kustom. Ini memungkinkan semua teknologi dalam chip untuk mengakses data yang sama tanpa perlu menyalinnya di antara berbagai kumpulan memori.

Selanjutnya, M1 ini memiliki fitur CPU 8-core yang terdiri dari empat core berkinerja tinggi dan empat core berefisiensi tinggi. Keempat core ini memberikan daya komputasi untuk menghadirkan kinerja CPU dengan penggunaan daya yang lebih rendah, sekaligus efisien dan cepat.

GPU dalam M1 juga dirancang dengan desain arsitektur Octa-core dengan total memiliki 128 unit eksekusi. Apple menyatakan bahwa GPU ini memiliki peringkat 2,6 TFLOPS, yang menandakan bahwa itu menjadi yang tercepat.

Neural Engine 16-inti M1 akan menjalankan algoritma machine learning pada 11 TOPS. Ada juga mesin encode/decode media canggih di dalam chipset tersebut serta prosesor sinyal gambar.

Baca Juga:
Dibekali Chip M1, Apple Klaim MacBook Pro Lebih Ngebut dan Baterai Awet

Prosesor Apple M1 mendukung Thunderbolt. Dengan ini, para pengguna Mac dapat menikmati penyimpanan eksternal yang cepat dan aksesori lainnya. Ada juga dukungan USB 4 di dalamnya.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Bawaslu ungkap potensi pelanggaran di Pilkada 2020

    Read Next

    Terima IHPS dan LHP Semester I, Ini Harapan Presiden Jokowi

    Tinggalkan Balasan