• September 25, 2020

Mengejutkan! Kemenag Dukung Juri MTQ Sumut Suruh Qoriah Lepas Cadar

Asaljeplak.my.id –Kementerian Agama menyatakan juri MTQ ke 37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara meminta qoriah lepas cadar saat membaca Al Quran, dibenarkan. Sebab itu bagian dari aturan lomba.

Hal itu dinyatakan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Islam Zuraidi. Hanya sana Zuhari mengaku belum melihat langsung video viral perempuan bercadar yang menolak membuka cadarnya.

Zuraidi menuturkan di dalam penilaian perlombaan MTQ, ada ketentuan bahwa Dewan Hakim harus secara objektif melihat mulut terkait pengucapan peserta saat tilawah.

“Di dalam MTQ itu kan ada penilaian dewan Hakim terhadap peserta, memang dalam penilaian itu ada ketentuan mesti melihat mulut ya, melihat bibir peserta karena itu kan terkait pengucapan, itu ketentuannya,” ujar Zuraidi saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (9/9/2020).

Sehingga kata Zuraidi, jika ada Dewan Hakim yang meminta peserta membuka cadar saat tilawah membaca Al Quran. Karena ada ketentuannya.

Seorang perempuan bercadar serba hitam bersikaras menolak membuka cadarnya di acara MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (ist)Seorang perempuan bercadar serba hitam bersikaras menolak membuka cadarnya di acara MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (ist)

Hal tersebut dilakukan agar penilaiannya adil dan objektif.

“Kalau ada dewan Hakim yang menyuruh membuka cadar peserta, itu saya mengatakan karena ada ketentuan Dewan Hakim mesti melihat pengucapan dari peserta itu, kan nggak bisa melihat mungkin dewan hakim tidak menjadi tidak obyektif, sementara yang lain (tidak memakai penutup wajah),” kata Zuradi.

“Jadi ada ketentuan terkait dengan penilaian Dewan Hakim tentang tajwidnya misalnya pengucapan huruf yang terkait dengan penilaian itu intinya. Di mana penilaian itu harus melihat gerakan mulut atau bibir peserta,” sambungnya.

Aturan tidak memakai penutup wajah merupakan aturan agar penilaian diberikan secara adil dan objektfif.

“Ini kan beberapa saat ketika membaca saja, saya pikir untuk untuk keadilan dalam penilaian,” katanya.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • »
    READ  Tengku: yang Maling Triliunan dari Taipan, yang Disertifikasi Ulama

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Microsoft Siapkan Laptop Surface Kelas Menengah, Ini Bocorannya

    Read Next

    Wolves belanja lagi dengan pinjam Vitinha dari Porto

    Tinggalkan Balasan