Masa Pandemi, Modifikasi JDM Beri Kontribusi di Pasar Aftermarket

Asaljeplak.my.id –Dampak virus Corona di sektor otomotif masih terasakan hingga kini. Termasuk pasar aftermarket yang menjadi pendukung utama produk kendaraan. Juga melibatkan banyak aspek, mulai para pengrajin hingga Usaha Kecil Menengah atau UKM dengan karya berupa aneka aksesoris termasuk kosmetik mobil.

Dikutip dari kantor berita Antara, Irwan Kusuma, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) menyatakan bahwa penjualan aksesoris mobil bertahan berkat permintaan perangkat penunjang kenyamanan. Mulai peranti audio, jok, karpet dan aksesoris lainnya, yang dijual dengan harga terjangkau.

Irwan Kusuma juga menambahkan bahwa penyumbang terbesar dari penjualan aksesoris mobil masih didominasi kalangan muda. Khususnya untuk tema modifikasi Japan Domestic Market atau JDM.

Dan berdasarkan prediksinya, kekinian tidak ada kenaikan penjualan aksesoris karena situasi pandemi Covid-19, dan pola belanja masyarakat masih membatasi pengeluaran.

Baca Juga:
Viral Potret ‘Mobil Mewah’ Masuk Bengkel, Dempulnya Bikin Salah Fokus

Head Unit Asuka TV untuk kebutuhan berbagai kabin kendaraan. Dijamin kompatibel dengan sistem plug-in  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]Head Unit Asuka TV untuk kebutuhan berbagai kabin kendaraan. Sebagai ilustrasi audio plug-in [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Menilik perjalanan awal pandemi, pada 2020 Irwan Kusuma menyatakan bahwa penjualan aksesoris kendaraan turun sekira 20 persen.

Namun penurunan itu belum terlalu signifikan dan masih ada peluang penjualan. Pasalnya masyarakat memilih mobil pribadi dibandingkan mass transportation untuk mencegah terjadinya cluster baru Covid-19.

“Berdasar kondisi lapangan, mulai audio, jok, karpet dan aksesoris lain masih menjadi incaran konsumen di masa pandemi ini. Karena di masa pandemi, banyak orang yang berperjalanan menggunakan mobil pribadi,” paparnya sebagaimana dipetik dari kantor berita Antara, Senin (15/2/2021).

Bila disebutkan apakah kebutuhan aksesoris konsumen meningkay, Irwan Kusuma menyatakan tidak juga. Akan tetapi penurunan pun tidak terlalu signifikan.

READ  Betah Jadi Janda, Nafa Urbach Ungkap Alasannya

Adapun aksesoris yang menjadi pilihan konsumen kekinian adalah produk dengan harga ekonomis dan memiliki nilai fungsional, seperti audio, karpet mobil, hingga pelapis jok atau kursi.

Baca Juga:
Modifikasi Motor Lengkap dengan TV, Publik Malah Salfok: Romantis Banget!

“Para konsumen mengincar aksesoris yang harganya ekonomis,” tukasnya.

Antara lain, untuk segmen audio, jenis aksesoris pilihan adalah model-model head unit plug and play atau PNP yang bisa dipasang dalam waktu singkat, termasuk layanan home service, serta tidak terlalu mahal.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Gus Anom Ciptakan 2 Lagu untuk Mengenang Almarhumah Istri

Read Next

Volkswagen "tidak takut" dengan mobil listrik buatan Apple

Tinggalkan Balasan