• September 26, 2020

Mari Cermati Kapan Saat Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

Asaljeplak.my.id –Pemeriksaan setiap komponen mobil perlu dilakukan secara berkala. Hal ini mampu meminimalkan kondisi kendaraan yang tidak stabil. Begitu pula minyak pada rem mobil harus diperlakukan serupa.

Ada baiknya minyak pelumas rem mobil diganti sesuai pada waktunya, agar tidak membuang minyak yang masih dapat digunakan. Juga menghindari kondisi minyak menjadi basi bila terlambat diganti.

Mengutip Suzuki Indonesia, ada saat yang tepat untuk mengganti minyak pada rem pada mobil.

Berikut adalah panduannya:

Ilustrasi rem mobil. [Shutterstock]Ilustrasi rem mobil. [Shutterstock]

Ikuti buku petunjuk

  • Mengganti minyak pada rem mobil disarankan dalam buku panduan yang diberikan saat membeli mobil. Di situ tertera waktu yang tepat mengganti minyak maupun kondisi yang harus diperhatikan bila minyak perlu diganti.
  • Nah, mungkin saja buku petunjuk kurang dapat dimengerti oleh orang awam yang memiliki sedikit pengetahuan tentang mesin mobil dan perawatannya. Untuk itu, sangat disarankan meminta informasi dari pihak bengkel ketika ada kebingungan saat membacanya.

Rata-rata mobil lakukan servis penggantian minyak rem setiap 40.000 km

  • Selain mengikuti buku petunjuk perawatan mobil, biasanya rem mobil diganti minyaknya setiap menempuh jarak 40.000 km. Jarak tempuh ini dinilai sudah mengkonsumsi minyak yang cukup banyak sehingga ada baiknya bila segera dicek dan diganti.
  • Mengetahui jarak tempuh mobil tidaklah sulit. Perhatikan angka yang tertera pada fitur odometer yang ditampilkan dalam mobil, sejauh mana jarak yang ditempuh, sehingga bisa ditentukan kapan perlu melakukan penggantian.

Setidaknya ganti dua tahun sekali

  • Selain menempuh jarak 40.000 km, kurang lebih dua tahun sekali minyak pada rem mobil perlu diganti.
  • Meskipun mobil jarang digunakan, dalam artian dalam dua tahun belum tentu mencapai 40.000 km jarak tempuh, tetap saja minyak ini memiliki durasi atau masa pakai yang terbatas.
  • Secara umum, mengganti minyak rem disarankan dua tahun sekali untuk menghindari risiko kerusakan yang diakibatkan buruknya kondisi minyak. Perhatikan pula untuk menggunakan minyak berkualitas atau sesuai rekomendasi pabrikan. Tujuannya agar mesin juga tidak cepat rusak bila digunakan.
  • Minyak yang dinilai sesuai rekomendasi pabrikan umumnya akan disesuaikan pula dengan kebutuhan mobil.
READ  6 Laptop Murah untuk Belajar Online, Harga di Bawah Rp 5 Juta

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Zaskia Sungkar Hamil, Fenny Bauty Girang sampai Melompat

Read Next

MPM Rent salurkan 2.500 paket sanitasi COVID-19

Tinggalkan Balasan