Makin Laris, Peminat Lelang SUN Hari Ini Tembus Rp 78,5 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah kembali melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Selasa (8/6/2021) hari ini dengan nilai yang dimenangkan sebesar Rp 34 triliun.

Surat berharga yang dilelang kali ini meliputi seri SPN03210826 (reopening), SPN12220527 (reopening), FR0086 (reopening), FR0087 (reopening), FR0088 (reopening), FR0083 (reopening), dan FR0089 (reopening) melalui sistem lelang Bank Indonesia.





Lelang SUN 8 Juni 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 8 Juni 2021

Dari jumlah yang dimenangkan pemerintah, pada lelang hari ini kembali melebihi target indikatif yang ditentukan, yakni Rp 30 triliun. Adapun nilai yang dimenangkan pada lelang SUN sebelumnya sebesar Rp 33 triliun.

Sementara Incoming bid atau penawaran yang masuk pada lelang hari ini kembali naik mencapai Rp 78,5 triliun, naik tipis dari lelang SUN sebelumnya yang digelar 25 Mei lalu sebesar Rp 78 triliun.

SUN tenor 5 dan 10 tahun kembali menjadi seri yang paling besar incoming bid-nya dibandingkan dengan seri-seri lainnya, dengan proporsi sekitar 30% dari total incoming bids pada lelang hari ini.

Investor khawatir terhadap isu tapering (pengurangan stimulus bank sentral Amerika Serikat) yang kembali muncul.

Hal ini didukung oleh membaiknya beberapa data ekonomi, terutama data ketenagakerjaan pada Mei 2021, di mana Automatic Data Processing Inc. (ADP) melaporkan sektor swasta AS menyerap 978.000 tenaga kerja di luar sektor pertanian. Penambahan tersebut jauh lebih banyak ketimbang bulan sebelumnya 654.000 tenaga kerja.

Selain itu, inflasi dari AS yang berpotensi mengalami kenaikan kembali pada Mei juga turut mendorong investor khawatir akan isu tapering tersebut, sehingga investor mulai cenderung mengurangi aset berisiko seperti saham dan membuat harga saham melemah.

Hal inilah yang menjadi alasan investor untuk kembali mempercayakan obligasi pemerintah. Oleh karena itu, atas dasar terus membaiknya demand dan jumlah yang dimenangkan pemerintah, maka pemerintah menerima hasil lelang SUN hari ini.

Adapun hasil lelang SUN pada hari ini adalah sebagai berikut





Lelang SUN 8 Juni 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 8 Juni 2021

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

READ  Beredar Isu Negatif Membuat RUU PPRT Mangkrak hingga 16 Tahun

admin

Read Previous

Pelatih Knicks Jadi Juru Taktik Terbaik NBA Tahun Ini

Read Next

AMI Awards gandeng platform daring hadirkan obrolan musik masa kini

Tinggalkan Balasan