Lo Kheng Hong Borong GJTL, Haruskah Ikut Beli? Ini Valuasinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Saham PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) pada perdagangan Jumat (8/1/2021) akhir pekan lalu ditutup melesat 25% di level Rp 825/saham. Dalam sepekan, harga saham GJTL tercatat melesat 25,95%.

Sedangkan, total nilai transaksi GJTL dalam sepekan mencapai Rp 142,6 miliar. Dengan volume saham yang ditransaksikan mencapai 190,7 miliar lembar saham.

Melesatnya saham GJTL didorong oleh masuknya investor kawakan Lo Kheng Hong di saham PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) yang dikendalikan oleh keluarga pengusaha Sjamsul Nursalim.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Lo Kheng Hong menggenggam 176,48 juta saham atau setara dengan 5,06% kepemilikan. Data ini muncul pada laporan KSEI pada Kamis (7/1/2020).

Investor yang dikenal dengan julukan Warren Buffet-nya Indonesia ini juga sudah mengkonfirmasi kepemilikanya di saham GJTL kepada CNBC Indonesia.

“PT Gajah Tunggal adalah pabrik ban terbesar di Asia Tenggara, dengan penjualan Rp 9,6 triliun selama 9 bulan 2020. Nilai buku per saham Rp 1.782. Ketika pandemi harga sahamnya turun ke Rp 300-an, jadi Saya membelinya. Murah,” ujar Lo kepada CNBC Indonesia, Jumat (8/1/2021).

Bahkan sebelumnya, Kheng Hong memang berkali-kali menyebut harga saham GJTL salah harga, yang mencerminkan harganya yang tergolong murah.

“Kalau tidak salah harga, saya tidak disini. Kalau Rp 3.000 saya tidak datang, tapi karena GJTL saat ini Rp 600,” kata LKH usai menghadiri paparan publik GJTL di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (12/12/2017), seperti dikutip dari lembaga riset reksa dana, Pasardana

Lo Kheng Hong sendiri memang terkenal sebagai value investor atau investor berbasis nilai dimana pria yang akrab disapa LKH ini senang mencari saham-saham yang salah harga, kondisi dimana nilai pasar saham jauh lebih murah dari nilai intrinsik saham tersebut.

Gajah Tunggal merupakan perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur ban, baik untuk kendaraan pribadi seperti mobil, kendaraan komersial seperti bus atau truk, maupun ban motor.

READ  Love You Full IHSG! Terbaik Dunia, Kuat 11 Pekan Tanpa Henti

Situs resminya mencatat, produk ban keluaran perseroan salah satunya adalah merek GT Radial untuk ban mobil dan IRC untuk ban motor.

Pabrik GJTL berlokasi di dalam negeri yakni di kawasan industri Gajah Tunggal di Tangerang serta pabrik lain yang berlokasi di Serang.

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

admin

Read Previous

Kabar Duka! Legenda Reli Dakar Hubert Auriol Meninggal di Usia 68 Tahun

Read Next

“WandaVision” hadir dengan nuansa sitkom era 1950an

Tinggalkan Balasan