Lapan Koreksi Laporan soal Sampah Antariksa China di Kalteng

Asaljeplak.my.id –Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pada Jumat (8/1/2020) mengoreksi laporan tentang sampah antariksa yang ditemukan di pantai selatan Kalimantan Tengah pekan ini.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, lewat penjelasannya di Facebook mengatakan bahwa dari hasil penyelidikan final atas sampah antariksa itu diketahui bahwa objek tersebut adalah payload fairing dan bukan badan roket yang sudah mengorbit.

“Update final sampah antariksa yang ditemukan (bukan jatuh) di pantai selatan Kalimantan Tengah. Ternyata bagian yang ditemukan adalah bagian payload fairing, bukan badan roket yang sudah mengorbit,” jelas Thomas seperti disaksikan Suara.com dari Jakarta.

Payload fairing adalah bagian dari roket yang berupa cone dan berfungsi untuk melindungi muatan – biasanya satelit – yang diangkut ke luar angkasa. Komponen ini biasanya terbuat dari material plastik yang diperkuat sehingga bisa terapung di lautan.

Sebelumnya Lapan menduga bahwa sampah antariksa dari roket China itu jatuh di Kalimantan. Tetapi dari hasil analisis akhir diketahui bahwa fairing itu dilepaskan dan jatuh saat roket meluncur di atas perairan barat-barat laut Kalimantan pada ketinggian sekitar 100 km, jelang memasuki ruang antariksa.

Baca Juga:
Lapan: Puing Mirip Pesawat di Kalteng Diduga Sampah Antariksa Milik China

“Itu sebabnya bagian yang terbakar minim,” jelas Thomas.

Fairing itu kemudian terbawa arus laut menuju Selat Karimata dan Laut Jawa, sebelum terdampar di di pantai selatan Kalteng.

Koreksi lain adalah soal jenis roket sumber sampah antariksa tersebut. Tadinya Lapan menduga bahwa objek tersebut berasal roket Chang Zheng 3B yang diluncurkan tanggal 4 November 2019 silam.

Kini Lapan menegaskan bahwa sampah antariksa di Kalteng itu berasal dari roket Long March 8 atau CZ-8 yang diluncurkan pada 22 Desember 2020 untuk membawa lima buah satelit.

READ  Roket Sonda Dua Tingkat Lapan Ditargetkan Meluncur 2024

Baca Juga:
Sempat Diduga Air Asia QZ-8501, Logam di Teluk Ranggau Ternyata Dari China

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Panglima TNI konferensi video dengan tokoh agama Papua-Papua Barat

Read Next

Staf Istana Buckingham Dipenjara karena Curi Album Berisi Foto Donald Trump

Tinggalkan Balasan