Kenali tujuh penyebab suara mesin mobil berdengung saat digas

Jakarta ((AJ)) – Suara mesin kendaraan yang berubah menjadi mendengung biasanya membuat telinga dan juga perasaan berkendara menjadi tidak nyaman dan mengganggu perjalanan.

Ternyata, suara mesin yang berubah pada saat digas itu karena ulah pengendara sendiri yang terlalu banyak memaksakan untuk menerobos atau menerjang banjir. Hingga akhirnya, beberapa komponen di dalam mesin mobil basah dan berlumpur.

Dikutip dari laman resmi Auto2000, Senin, jika pengendara tidak pernah menerobos banjir, maka terdapat komponen yang sudah tua dan perlu pergantian. Berikut lima komponen yang perlu diganti ketika mesin berdengung.

1. Kompresor AC
Kompresor AC mobil kurang oli bisa membuat suara mesin mobil mendengung saat digas tidak selalu berasal dari kap depan tempat instrumen penggerak kendaraan ditempatkan.

Bisa jadi bunyi tersebut berasal dari kompresor AC yang metal-metal di dalamnya mengalami keausan. Metal yang aus, namun tetap bergesekan, akan menghasilkan bunyi berisik.

Bahkan bunyi tersebut akan semakin nyaring terdengar saat Anda menyetel AC pada suhu paling dingin. Tidak perlu menunggu, AutoFamily bisa membawa mobil ke bengkel untuk menjalani perbaikan.

2. Bearing pulley mesin
Bukan cuma metal di dalam kompresor AC saja yang aus, pulley yang ada di bagian depan mesin pun berisiko mengalami hal sama. Di kap depan mobil, ada banyak sekali pulley yang terhubung.

Ada pulley idler, mesin, tensioner, dan alternator. Kalau salah satunya rusak, maka akan menimbulkan bunyi mendengung. Akan tetapi, mengingat komponen ini banyak jenisnya dan satu sama lain saling terhubung, kemungkinan sulit bagi Anda untuk mendeteksi bagian yang rusak. Bawalah ke bengkel agar montir yang melakukan perbaikan.

3. Pompa power steering
Untuk mobil produksi di bawah tahun 2012, sistem yang diterapkan masih berupa hidrolik power steering yang menggunakan pompa.

Pompa ini sebagai penyuplai energi untuk meringankan beban pengemudian dan diletakkan menempel pada mesin. Kerusakan pompa yang dipicu oleh keausan akan menimbulkan suara mesin mobil mendengung saat digas. Anda juga akan mendengar dengungan saat setir dibelokkan.

4. Ban mobil
Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, tidak semua suara dengung yang terdengar dari mobil berasal dari mesin. Bisa saja komponen lain yang menjadi penyebabnya.

Contohnya ban yang dibuat dengan satu arah putaran. Anda akan menemukan anak panah penunjuk arah putaran pada dinding ban. Kalau AutoFamily tidak memperhatikan anak panah tersebut, maka ketika rotasi akan berisiko melakukan kesalahan arah putaran. Alhasil, kendaraan menimbulkan bunyi nyaring.

5. Kopel joint
Khusus untuk mobil dengan penggerak roda belakang seperti Toyota Innova atau Toyota Avanza, suara mesin mobil mendengung saat digas pemicunya adalah kopel joint atau poros propeller aus.

Komponen ini hanya ditemukan pada tipe mobil tertentu dengan fungsi membuat poros propeller fleksibel sehingga dapat meneruskan putaran mesin sudut gardan dan mesin naik turun. Kalau sudah aus, maka kopel joint harus segera diganti dengan komponen baru.

6. Bearing roda
Masalah keausan komponen masih menjadi sumber pemicu suara mesin mobil mendengung saat digas. Kali ini bagian yang aus adalah bearing roda, terutama bagian depan karena berfungsi sebagai penahan beban kendali mobil.

Ketika bearing aus, maka akan terdengar bunyi gesekan dan dengung yang cukup nyaring. Untuk memeriksanya, Anda perlu mendongkrak mobil agar terangkat, lalu goyangkan roda secara vertikal.

Dinamo ampere rusak juga bisa disebabkan karena bearing aus dan rusak. Masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, untuk itu segeralah mengatasinya atau bila perlu lakukan service segera.

7. Water pump
Pemicu terakhir bunyi dengung dari mobil adalah water pump atau komponen pemompa air pendingin radiator agar dapat bersirkulasi di dalam mesin.

Sama seperti bagian lain, water pump pun berisiko aus sehingga menimbulkan suara mesin yang mendengung dengan sangat keras. Namun, ada satu lagi masalah pada water pump yang mampu memicu bunyi dengung, yaitu adanya kelonggaran. Anda harus mengencangkannya untuk mengurangi bunyi dengung.

  • Tags
  • tips otomotif
  • mobil
  • mesin mobi

Sumber : (1):

admin

Read Previous

VW Kodok Tampil Cantik, Bodinya Bertabur 2 Juta Biji Manik-manik

Read Next

Ini Alasan Sri Mulyani Belum Cairkan Dana Talangan untuk Sejumlah BUMN

Tinggalkan Balasan