Kemenkopolhukam pastikan penyebaran informasi publik di daerah optimal

Pemberitaan positif harus tersampaikan kepada masyarakatGarut ((AJ)) – Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) melakukan peninjauan langsung untuk memastikan penyebaran informasi publik di Kabupaten Garut dan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat berjalan optimal sebagai wujud pelayanan kepada publik.

“Pemberitaan positif harus tersampaikan kepada masyarakat, kami programnya banyak cuma saat ini ada kendala karena COVID-19,” kata Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam Marsekal Muda Rus Nurhadi Sutedjo, saat melakukan pertemuan dengan Bupati Garut Rudy Gunawan dan jajaran pejabat daerah di Garut, Jumat.

Kunjungan Deputi VII itu didampingi tim dari CEO IMQ, anak perusahaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) (AJ) Darmadi bersama perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, untuk membahas tentang pelayanan dan penyebaran informasi di daerah.

Nurhadi mengatakan sebelum kunjungan ke Garut dan Tasikmalaya, jajarannya sudah meninjau langsung pelayanan informasi di Kabupaten Bandung dan Subang, Kamis (18/2).

Ia menyampaikan salah satu pembahasan terkait informasi di daerah, yakni keberadaan manfaat videotron Antara Digital yang sudah dipasang di beberapa daerah, di antaranya Garut dan Tasikmalaya.

“Sekarang datang ke Garut, kemarin ke Subang, lalu Garut dan Tasikmalaya, kalau ini berhasil bisa jadi contoh bagi daerah lain,” kata Nurhadi.

Dia menyampaikan tujuan kunjungannya ke daerah salah satunya di Kota Tasikmalaya dan Garut ingin mengetahui secara langsung penyebaran informasi di daerah, salah satunya yang dilakukan Antara Digital melalui layanan videotronnya.

Layanan informasi itu, kata dia, bertujuan untuk memberikan manfaat buat masyarakat dalam rangka menyatukan negeri, dan mencegah informasi negatif maupun kabar bohong yang beredar di masyarakat.

“Dari program yang sudah ada ini untuk menyatukan negeri, memberikan informasi kepada masyarakat, bisa mencegah informasi yang negatif,” katanya pula.

Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima kunjungan Deputi VII Kemenkopolhukam itu menyatakan, saat ini Pemkab Garut terbantu dengan adanya penyebaran informasi melalui videotron, ke depan ada lagi videotron yang terpasang di Garut.

READ  Naik 400 persen, pihak swasta di Siak-Riau diminta siapkan isolasi

Menurut dia, daerah yang perlu dipasang videotron untuk penyebaran informasi yakni di Pameungpeuk daerah selatan Garut, kemudian di Limbangan daerah utara Garut.

“Selain di perkotaan, kami juga ingin dipasang lagi di daerah selatan dan Garut untuk penyebaran informasi ini,” kata dia.

Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf yang menerima kunjungan Deputi VII menyatakan keberadaan media videotron di ruang publik memberikan manfaat dan membantu pemerintah daerah untuk menyebarkan informasi positif bagi masyarakat.

“Sekarang sudah cukup bagus terutama layanan publik dengan adanya videotron sangat bermanfaat, dan ke depan media tayangan itu berbentuk videotron,” kata Yusuf.

CEO IMQ Darmadi menambahkan, pihaknya akan terus menyebarkan kanal distribusi informasi publik ke sejumlah daerah di Indonesia, agar informasi dan berita tentang potensi daerah dapat tersebar ke seluruh negeri, dan bahkan ke tingkat internasional.

Menurut dia, bentuk dukungan Antara Digital Media kepada pemerintah daerah bukan hanya kanal distribusi informasi berupa TV dalam ruangan dan videotron, tapi juga teknologi digital lain yang dapat dimanfaatkan para pengguna gawai digital untuk mengakses beragam informasi.

“Kami kampanyekan tentang hal positif menyatukan negeri, seirama, seperti Garut ini harus skala nasional,” kata Darmadi.

 


Sumber : (1):

admin

Read Previous

Agen BRIlink – Pertashop, Salurkan Energi Indonesia hingga Ujung Negeri

Read Next

Prediksi Perangkat Samsung yang Akan Mendapat Pembaruan Android 12

Tinggalkan Balasan