Kagetnya Pep Guardiola Melihat Kebangkitan John Stones di Manchester City

Asaljeplak.my.id –John Stones menghidupkan kembali kariernya di Manchester City yang sempat ‘mati suri’. Sempat terpinggirkan dari skuat utama bahkan disebut-sebut bakal dijual, Stones nyatanya kini menjadi andalan utama di lini belakang The Citizens bersama bek tangguh asal Portugal, Ruben Dias.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola sendiri mengaku kaget dengan kebangkitan Stones. Sang gaffer tak menyangka bek berusia 26 tahun itu bisa tampil sebagus dan sekonsisten seperti sekarang ini di Manchester City.

Tampil di 12 dari 14 pertandingan terakhir Manchester City di Liga Inggris 2020/2021, Stones membawa Manchester City meraih 10 clean sheet.

Tampil begitu solid bersama Dias, tak ayal Manchester City kini kukuh memuncaki klasemen sementara Liga Inggris, dengan keuggulan lima poin atas Manchester United plus masih menyimpan tabungan satu laga tunda.

Baca Juga:
Menepi Sebulan dan DIpastikan Absen Lawan Barcelona, Neymar Curhat di IG

Stones juga turut andil dalam clean sheet Manchester City saat menyingkirkan Manchester United di semifinal Piala Liga Inggris.

Selain itu, pemain internasional Inggris itu juga tampil dalam lima dari total enam laga Manchester City di fase grup Liga Champions musim ini. Stones berhasil membawa Manchester City meraih empat clean sheet.

Sentral pertahanan Manchester City musim ini memang begitu tangguh dengan hadirnya bek-bek tengah macam Dias, Stones, Aymeric Laporte, hingga Nathan Ake.

Tak pelak Guardiola begitu girang dengan kondisi ini, dan khusus untuk Stones, pelatih berkepala plontos itu melontarkan pujian khusus.

Transformasi Stones memang patut diacungi jempol. Pasalnya, ia sebelumnya tampil melempem untuk Manchester City semenjak gabung dari Everton pada 2016 silam, yang juga dipengaruhi beberapa problem cedera.

READ  Update Cuaca Jakarta 24 Juli 2020: Cerah dan Berawan Sepanjang Jumat

Baca Juga:
Hasil Undian Perempat Final Piala FA: Leicester Vs MU, Everton Vs Man City

Setelah tampil 41 kali lintas ajang di musim 2016/2017 yang merupakan musim perdananya berkostum Manchester City, Stones kemudian hanya tampil 29 kali pada 2017/2018, 39 kali pada 2018/2019, dan cuma 24 kali pada 2019/2020.

Ya, musim lalu Guardiola bahkan lebih sering menurunkan gelandang jangkar Fernandinho di jantung pertahanan saat bek-bek utama Manchester City berhalangan tampil, meskipun Stones sejatinya dalam kondisi fit. 

Namun, situasi Stones benar-benar berubah 180 derajat musim ini. Ia kembali jadi pilihan utama di lini belakang Manchester City dengan torehan 20 penampilan lintas ajang sejauh ini (bahkan ia juga sukses mengemas 3 gol).

Dan tak sekadar bermain, Stones juga mampu menyajikan permainan yang apik dan solid. Ia membangun benteng pertahanan yang kokoh di jantung pertahanan Manchester City bersama Ruben Dias.

“Sekali lagi saya memuji John. Kebangkitannya, mentalitasnya patut mendapat respek. Dia kini jadi pemain penting di tim kami,” ucap Guardiola seperti dilansir Tribal Football.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola. [JON SUPER / POOL / AFP]Manajer Manchester City, Pep Guardiola. [JON SUPER / POOL / AFP]

“Dia bermental baja. Fokusnya untuk kembali ke trek, untuk kembali ke permainan terbaiknya patut dipuji. Dia manusia yang fantastis. Orangtuanya pasti bangga dengannya,” sanjung eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.

“Sejujurnya saya cukup kaget melihatnya sebagus dan sekonsisten seperti sekarang ini. Tapi, ini semua berkat dirinya sendiri, saya bangga.”

“Dia berjuang untuk bahagia di sini. Terutama untuk cedera, untuk beberapa masalah pribadi dan untuk berbagai alasan – kurangnya menit (bermain) karena saya tidak melihatnya seperti dia sekarang.”

“Di masa lalu dia tidak seperti sekarang, dengan stabilitas, kebahagiaan, komitmen dan fokus. Itulah mengapa saya memberikan banyak pujian kepadanya karena dia sendiri yang mengatasi situasi ini.”

READ  Liverpool masih tanpa Fabinho jelang melawan Everton

“Dia bisa saja jatuh, dia bahkan bisa jatuh lebih banyak lagi tapi yang terjadi justru sebaliknya. Dia seperti berkata; ‘inilah saya yang sebenarnya. Saya tahu saya bek tengah level atas dan saya akan menunjukkan kepada Anda, Liga Inggris, Timnas Inggris dan dunia bahwa saya pemain yang hebat’.”

“Sekali lagi, John mengatasi situasinya sendiri dan itulah mengapa dia layak mendapatkan semua rasa hormat saya. Dia pantas mendapatkan pujian besar,” tandas pelatih berusia setengah abad itu.

Meski Laporte kini telah kembali fit pasca cedera, Stones tentu akan kembali jadi andalan di sektor pertahanan Manchester City bersama Ruben Dias untuk laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021 kontra Tottenham.

Big match ini akan tersaji Minggu (14/2/2021) dini hari pukul 00.30 WIB, di mana Manchester City akan bertindak sebagai tuan rumah di Etihad Stadium.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Masjid Lautze, sarana etnis Tionghoa mengenal Islam

Read Next

Bukan Jadi Pacar, Pria Ini Sewakan Dirinya untuk Dipukuli saat Valentine

Tinggalkan Balasan