Jualan Rumah Sudah Mulai Laris

Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan properti tampaknya sudah mulai pulih meskipun tidak begitu singifikan. Hal ini terlihat dari laporan Bank Indonesia (BI) yang mencatat peningkatan permintaan kredit properti khususnya untuk rumah tapak tipe kecil.

“KPR sudah mulai positif, khususnya yang KPR rumah tinggal tipe kecil 22-70,” ujar Asisten Gubernur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung saat berbincang dengan media, Senin (22/2/2021).

Tipe kecil atau 22-70 mencatat pertumbuhan sebesar 7,2% pada akhir semester II 2020. Sedangkan untuk tipe rumah besar di atas 70 masih mengalami kontraksi 0,3%. Sehingga perlu diberikan stimulus agar bisa membaik.

“Sementara yang besar itu masih kontraktif atau negatif. Antara tipe 22-70 itu yang pertumbuhannya sedikit mulai membaik. Yang besar-besar atau ruko masih kontraktif,” jelasnya.

Data Bank Indonesia per Januari 2021, dari sisi kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) untuk tipe rumah kecil masih terjaga dengan baik. Namun untuk ruko sudah semakin melebar.

“NPL properti rusun 2,5%-3%, kecuali yang ruko itu NPL nya sudah gede 5,1%,” kata dia.

Sementara itu, kredit kendaraan bermotor pertumbuhannya masih terkontraksi. Meski demikian NPL masih terjaga dengan baik sekitar 2%-3%.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

READ  Pekarangannya Kebanjiran, Casey Stoner Ini Malah Kepergok Asyik Berselancar

admin

Read Previous

Dinasihati Marc Marquez Terus, Alex Lama-lama Muak Juga

Read Next

Mike Shinoda ajak musisi lintas genre di lagu “Happy Endings”

Tinggalkan Balasan