• September 20, 2020

Jenazah Saefullah Tak Masalah Dikubur di Makam Keluarga, Asal…

Asaljeplak.my.id –Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menilai tidak masalah apabila jenazah Covid-19 mau dikebumikan di pemakaman khusus keluarga. 

Pernyataan itu disampaikan Dicky menanggapi jenazah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah yang dikebumikan keluarga di pemakaman khusus meski dinyatakan meninggal akibat terpapar Corona. 

Dicky mengungkapkan sebetulnya pemakaman untuk pasien Covid-19 itu tidak terpatok mesti di tempat pemakaman khusus corona. Hal yang paling penting itu justru ialah protokol pemakamannya yang mesti sesuai dengan aturan berlaku.

“Kalau di-makamin itu di mana juga bebas mau di San Diego Hills waktu itu juga boleh. Yang penting itu protokol pemakamannya,” kata Dicky saat dihubungi Suara.com, Rabu (16/9/2020).

“Jadi orang hanya bisa lihat dari jauh, enggak boleh berkerumun. Kalau di-makaminnya di mana, it’s okay, enggak masalah,” tambahnya.

Cara pemakaman mendiang Saefullah berbeda ketika ada warga yang meninggal karena Covid-19. Biasanya jenazah warga itu langsung dimakamkan di TPU khusus Covid-19.

Dicky mengungkapkan hal tersebut dilakukan agar tidak merepotkan keluarga mencari TPU. Apalagi hingga saat ini masih ada stigma negatif terhadap jenazah Covid-19 apabila dikubur di TPU non khusus corona.

Sedangkan untuk mendiang Saefullah ini bakal dimakamkan di pemakaman milik keluarga sehingga menurutnya tidak masalah. Ia mengingatkan sekali lagi protokol pemakaman Covid-19 yang harus diperhatikan.

“Kalau selain ke keluarga kan nyari makam segala macam kan repot. Kalau ini keluarganya punya, ya namanya juga ada pemakamannya,  ya boleh-boleh saja enggak masalah yang penting tidak boleh mengabaikan protokol pemakaman,” jelas Dicky.

Sebelumnya diberitakan, Saefullah meninggal dunia setelah terinfeksi Covid-19 di RSPAD, Rabu. Namun Saefullah tak dimakamkan di pemakaman khusus pasien corona.

  • «
  • 1
  • 2
  • »
    READ  Sekda DKI Saefullah Wafat, Ini Daftar Anak Buah Anies yang Terpapar Corona

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Peneliti Internasional Akan Teliti Apakah Covid-19 Bocor dari Laboratorium

    Read Next

    Van de Beek melihat masa depan cemerlang di MU

    Tinggalkan Balasan