Jangan Panik, Ini Tips Menyelamatkan Diri Saat Kecelakaan Pesawat

Asaljeplak.my.id –Proses evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 tujuan Jakarta-Pontianak masih dilakukan. Belum dipastikan apakah ada penumpang atau awak pesawat yang selamat.

Namun sejak malam tadi, puing-puing pesawat juga beberapa barang yang diduga milik penumpang telah ditemukan tim gabungan SAR. 

Kecelakaan pesawat memang selalu menjadi berita yang ramai diperbincangkan. Meski dipengaruhi banyak faktor, tetapi bukan tidak mungkin seseorang bisa menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat menilai, sedikit penumpang yang memperhatikan pengarahan keselamatan sebelum penerbangan dilakukan. Alasannya, baik karena telah mendengar aturan yang sama berkali-kali atau percaya jika pesawat jatuh tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga:
Menegangkan! Penumpang Garuda Selamat dari Cuaca Buruk saat Sriwijaya Jatuh

Ilustrasi Pesawat dalam Badai (pixabay/Finmiki)Ilustrasi Pesawat dalam Badai (pixabay/Finmiki)

Padahal, menyelamatkan hidup dalan situasi darurat kecelakaan mungkin lebih sederhana dari yang sebenarnya terjadi. FAA memberikan cara yang tepat menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

1. Dengarkan baik-baik arahan keselamatan sebelum lepas landas dan pelajari kartu keamanan yang ada di sandaran kursi. Meskipun Anda mungkin telah naik pesawat berkali-kali dan mendengarnya aturan yang sama, tetapi tak ada salahnya menyegarkan pikiran untuk kembalu mendengarkan aturan tersebut.

2. Hitung jumlah baris dari tempat duduk Anda dengan dua pintu keluar terdekat di awal penerbangan atau pintu darurat.

3. Asumsikan jika berisiko mengalami posisi terjepit saat terjadi benturan, lindungi kepala dengan menunduk dan lengan disilangkan.

4. Tinggalkan semua harta benda; apapun itu. Tidak ada gunanya mempertaruhkan nyawa Anda atau nyawa sesama penumpang. Cukup bawa KTP, uang tunai, dan kartu kredit di tempat yang aman. Tetapi mudah untuk Anda ambil dan taruh di saku jika harus keluar.

READ  Sebuah Roda Jatuh dari Langit di Halaman Warga, Ternyata Milik Pesawat Ini

Baca Juga:
Biodata Kapten Afwan Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

5. Jika ada asap, tundukkan kepala dan tutupi mulut juga hidung dengan sapu tangan atau pakaian lain.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Angkat Kaki Lewati Kepala Sang Pelatih, Pemanasan Ibrahimovic Jadi Sorotan

    Read Next

    Riwayat dan spesifikasi Boeing 737-500 Sriwijaya Air

    Tinggalkan Balasan