• September 28, 2020

Ilmuwan Ungkap Ukuran Asli Megalodon

Asaljeplak.my.id –Megalodon diyakini sebagai spesies hiu punah yang diperkirakan hidup sekitar 23 hingga 3 juta tahun lalu. Saat melihat dimensi satwa purba, para ilmuwan hanya memiliki bukti fosil untuk digunakan, sehingga meningkatkan massa jaringan hiu raksasa hanya dari gigi yang tersisa merupakan tugas rumit.

Namun dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Science Reports, para ilmuwan mengungkap ukuran asli megalodon yang diprediksi memiliki panjang 16 meter dengan sirip seukuran manusia.

Otodus megalodon adalah salah satu predator paling rakus di lautan semasa hidupnya. Giginya yang bergerigi memberi wawasan bahwa satwa itu memakan daging, kemungkinan besar daging paus, ikan besar, dan hiu lainnya.

Dengan memiliki tubuh yang sangat besar berarti asupan kalori yang diperlukan juga sangat tinggi, sehingga menargetkan mangsa besar sebagai kebutuhan dalam makanan. Bahkan ada bukti fosil gigi megalodon yang masih bersarang di tulang paus purba, kemungkinan patah saat terjadi serangan.

Ilustrasi hiu karang. (Pixabay/ Des Kerrigan)Ilustrasi hiu karang [Pixabay/ Des Kerrigan].

Untuk mendapat estimasi ukuran megalodon, tim ahli dari Swansea University dan University of Bristol, Inggris, menggunakan model matematika untuk mempersempit proporsi megalodon.

Para ilmuwan dapat membandingkan ukuran tubuh megalodon dengan lima spesies hiu yang hidup saat ini yang memiliki karakteristik fisiologis yang sama dan mengetahui ukurannya selama periode berbeda dalam hidupnya.

“Megalodon bukanlah nenek moyang langsung dari Great White, tetapi sama-sama terkait dengan hiu makropredator lainnya seperti Makos, hiu Salmon dan hiu Porbeagle, serta hiu putih besar,” kata Dr Catalina Pimiento, seorang pakar hiu, seperti dikutip IFL Science pada Sabtu (5/9/2020).

Tim ahli melihat perubahan dalam proporsi spesies yang masih ada seiring bertambahnya usia untuk mendapatkan gambaran tentang ukuran megalodon dapat berubah sepanjang hidupnya, dengan cara mirip manusia tumbuh dari bayi menjadi anak-anak hingga akhirnya menetap dalam bentuk dewasa.

READ  Resmi, Harga DFSK Glory i-Auto Rp 329 Juta

Dalam penelitian ini para ilmuwan merasa lega karena menemukan bahwa spesies modern itu menunjukkan pola pertumbuhan yang sederhana, yang pada dasarnya memulai kehidupan dengan ukuran dewasa kecil dan tumbuh besar, tetapi mempertahankan komposisi sepanjang hidup. Ini berarti hewan itu pada dasarnya dapat meningkatkan kurva pertumbuhan hiu modern untuk memprediksi ukuran megalodon, dengan panjang sekitar 16 meter.

Hiu raksasa ini berukuran dua kali lebih besar dari hiu putih besar modern, dengan tinggi sirip punggung sekitar 1,62 meter atau sekitar tinggi manusia dewasa. Kepala besar megalodon memiliki panjang sekitar 4,6 meter dan memiliki kekuatan gigitan lebih dari 10 ton.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Kemarin, Wapres tentang LDII hingga keponakan SBY daftar Pilkada

    Read Next

    Pria Ini Tenggelam setelah Foto Bersama Kekasih dan Saling Ungkapkan Cinta

    Tinggalkan Balasan