IHSG Masih Berpotensi Bergerak ke Level 6.100 di Juni Ini

Asaljeplak.my.id –PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia meyakini pasar saham dapat bergerak positif dan mampu membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan hingga ke atas 6.100.

Faktor utama yang dapat mendorong indeks saham mendaki lagi bulan ini adalah data perekonomian domestik yang positif.

Martha Christina, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, mengatakan data ekonomi yang mendukung terutama PMI Manufacture yang melanjutkan ekspansi, inflasi yang masih terkendali, penjualan otomotif yang meroket, indeks keyakinan konsumen, neraca perdagangan, dan pertumbuhan ekonomi.

“IHSG diproyeksi akan bergerak konsolidasi dengan kecenderungan menguat, didasari oleh analisis teknikal dengan support 5.883 dan resistance 6.115, setelah kemarin meroket 1,4 persen dan menembus 6.000, tepatnya ke 6.031,” ujar Martha dalam diskusi virtual, ditulis Jumat (4/6/2021).

Baca Juga:
Vaksinasi Jadi Angin Segar Buat Pergerakan IHSG

Sebagai gambaran, PMI Manufacture Mei baru diumumkan 55,3. Selain masih ekspansi (di atas nominal 50), angka itu juga menorehkan sejarah sebagai rekor tertinggi aktivitas industri manufaktur Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi kuartal I/2021 juga sudah sangat jauh membaik yaitu -0,74 persen secara tahunan, selain itu, keyakinan pemerintah terhadap perbaikan ekonomi hingga 7 persen tahun ini juga akan menjadi pendorong positif.

Martha mengatakan meskipun lebih berpotensi menguat, IHSG juga masih tetap memiliki potensi konsolidasi karena beberapa risiko seperti naiknya kasus Covid-19 dan laporan keuangan emiten yang di bawah ekspektasi.

Risiko itu dapat membatasi aktivitas transaksi pasar sehingga dapat kembali menekan rata-rata nilai transaksi harian di pasar saham.

Bermodalkan optimisme, dia menuturkan ada tiga sektor saham pilihan untuk periode Juni yaitu barang konsumsi primer seperti saham PFA dan MAIN, sektor properti CTRA, BSDE, dan PWON, dan infratruktur TLKM, EXCL, dan ISAT.

READ  Dubes Jepang Tiup Lilin, Rayakan 150 Ribu Followers Instagram

Baca Juga:
Rilis Data Ekonomi Dongkrak IHSG ke Level 6.038 Pagi Ini

Tim Investment Information Mirae Asset Sekuritas juga menambahkan beberapa saham yang layak diperhatikan karena kinerja keuangannya yang baik seperti BBTN, ERAA, dan AKRA.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

GM akan "geber" pengiriman kendaraan semester kedua

Read Next

KKB bakar tower Bandara Ilaga

Tinggalkan Balasan