Holding Ultra Mikro, Ini Hasil Raker Sri Mulyani & Komisi XI

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI. Pembahasan yang dilakukan tentang pendalaman Penyertaan Modal Negara (PMN) dan holding ultra mikro.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi XI Dito Ganinduto dan dihadiri oleh Sri Mulyani dan jajaran Kementerian Keuangan secara virtual.

Berikut hasil rapat Komisi XI dan Menkeu terkait dua hal tersebut:

1. Komisi XI telah melakukan pendalaman PMN tahun 2021 dan memberikan catatan serta rekomendasi-rekomendasi untuk ditindaklanjuti.

2. Menteri Keuangan dalam penatausahaan dan mengelola PMN agar menerapkan perencanaan PMN yang memperhatikan hal-hal yang meliputi road map BUMN sebagai agen pembangunan, rencana jangka panjang dan menegah atas investasi Pemerintah di BLU kinerja perusahaan, kinerja keuangan, manfaat PMN dan indikatornya. Pengembalian nilai pokok investasi dan indikator-indikator capaian lainnya dalam pemberian PMN.

3. Komisi XI DPR RI mendukung upaya Menteri Keuangan dalam mengelola pembiayaan investasi sebagai mana ditetapkan dalam UU APBN 2021, dan mengutamakan prioritas penggunaannya bermanfaat bagi rakyat.

4. Rencana right issue BRI yang ditindaklanjuti dengan proses pembentukan holding ultra mikro telah dikonsultasikan Menteri Keuangan kepada Komisi XI. Selanjutnya Menteri Keuangan agar menyampaikan dokumen terkait pembentukan holding ultra mikro dan Key Performance Indicator (KPI) yang meliputi antara lain:

a. peningkatan profatibilitas
b. efesiensi bisnis
c. sinergitas BUMN
d. penurunan cost of fund
e. penciptaan lapangan pekerjaan
f. kemudahan akses layanan keuangan
g. target capaian kinerja keuangan holding dan anak perusahaan
h. dalam menjaga iklim usaha yang kondusif untuk dikonsultasikan dengan komisi XI DPR RI.

5. Menteri Keuangan berkomitmen memberikan data-data dan dokumen serta jawaban tertulis atas pertanyaan dan paparan pimpinan dan anggota Komisi XI maksimal awal masa sidang IV tahun sidang 2020-2021.

[Gambas:Video CNBC]

READ  Bank BRI Catat Pertumbuhan Tertinggi Penjualan SR013

(dob/dob)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

admin

Read Previous

Teken Kontrak Baru, Begini Tekad Hamilton di 2021 Bersama Mercedes

Read Next

Pemerintah ajak semua pihak bersama perangi pembajakan film

Tinggalkan Balasan