Hewan Peliharaan Suka Buang Air Sembarangan? Ini 5 Cara Membersihkannya!

Asaljeplak.my.id –Hewan peliharaan seperti anjing atau kucing yang dilepas di dalam rumah, kerap kali menimbulkan masalah dengan buang air sembarangan. Terlebih, kalau mereka buang air kecil atau buang air besar di furnitur yang susah dibersihkan, seperti sofa atau karpet. Selain baunya yang seringkali menempel, nodanya juga terkadang sulit dihilangkan cuma dengan dicuci.

Untuk itu, sambil proses melatih kebiasaan buang air (potty training) hewan kesayangan, Anda perlu menyiapkan beberapa amunisi kalau terjadi ‘kecelakaan’ yang tidak diinginkan.

Jangan sampai furnitur di rumah rusak dan bau tidak sedap tercium di seluruh penjuru rumah gara-gara ulah hewan peliharaan ini. Berikut langkah pencegahan dan perbaikan yang disarankan Dekoruma.

1. Beli Produk Pembersih Khusus Kotoran Hewan Peliharaan
Untuk mengatasi masalah ini, produsen kebutuhan hewan peliharaan juga mempunyai berbagai produk khusus untuk menghilangkan noda kotoran di bahan-bahan seperti kain. Begitu juga dengan produk penghilang bau kotoran hewan yang banyak dijual di pasaran. Produk-produk tersebut dapat dengan mudah Anda temukan di pet shop atau juga dibeli secara online.

Baca Juga:
Viral Gadis Pelihara Seekor Nyamuk, Caranya Beri Makan Jadi Sorotan

2. Pakai Bahan-bahan Pembersih Rumah Tangga
Produk pembersih khusus kotoran hewan biasanya lebih ampuh dan praktis, tapi harganya yang cukup mahal mungkin tidak terjangkau bagi semua orang. Sebagai alternatif, beberapa bahan-bahan pembersih rumah tangga bisa jadi alternatif.

Misalnya, menggunakan soda kue untuk membersihkan noda kencing anjing atau kucing di furnitur berbahan kain, atau menggunakan bubuk kopi untuk membantu menetralisir bau yang menyengat.

Anda juga bisa membuat larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan cuka putih, alkohol, garam, dan deterjen untuk menghilangkan bau dan noda secara bersamaan.

READ  Ferrari Berstiker Kamuflase Tengah Uji Jalan, Siap Terjun ke Pasar SUV

3. Bersihkan Kotoran Sebelum Noda Mengering
Salah satu cara untuk meminimalkan bau kotoran yang menyengat adalah dengan membersihkan kotoran hewan peliharaan dengan segera. Jika anjing atau kucing kencing sembarangan, segera serap dengan handuk tidak terpakai atau kain khusus kotoran hewan.

Jika kotorannya padat, segera ambil dengan plastik, bungkus, dan buang ke luar rumah. Setelah itu, Anda tinggal membersihkannya seperti biasa dengan cairan pembersih atau bahan pembersih rumah tangga lain.

Baca Juga:
Ngakak, Kucing Ini Tunjukkan Tutorial Tidur di Dalam Kulkas

4. Jaga Sirkulasi Udara dengan Ventilasi yang Memadai
Pemilik hewan kadang tidak langsung sadar bahwa hewan kesayangannya membuang kotoran sembarangan. Terlebih lagi, kalau mereka pipis atau buang air besar di sudut-sudut rumah yang jarang dijangkau penghuni rumah.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Main Tanpa Pelatih, Marseille Dilumat PSG 2-0

    Read Next

    Pajak pulsa tak bebani konsumen, lahirkan kepastian hukum

    Tinggalkan Balasan