Heboh Rizieq Shihab Sebut Lonte, Sindir Siapa?

Asaljeplak.my.id –Dalam salah satu ceramah yang berlangsung pada Sabtu (14/11/2020), Habib Rizieq Shihab beberapa kali menyebut term lonte dan sudah dapat diduga bakal memicu perdebatan.

Istilah tersebut disebut Habib Rizieq kemungkinan besar karena dia tersinggung dengan kritik seorang public figure terhadap kerumunan massa yang menyambut kepulangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 10 November 2020 lalu.

 
“Sepertinya kata lonte itu ingin menyindir sosok tertentu yang dikenal dengan cibiran lonte. Semacam berbalas pantun saling cibir,” ujar analis politik dari Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada Suara.com, Senin (16/11/2020).

Sasaran ucapan tersebut, menurut Adi, bukan hanya seorang public figure, melainkan juga kalangan yang sependapat dengan public figure.

“Kata lonte bukan hanya menyasar satu orang, tapi menyasar orang-orang yang mendukung sosok yang disebut lonte itu,” kata Adi.

Ceramah Habib Rizieq untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan penggalan videonya viral di media sosial.

“Ada lonte hina habib? Pusing pusing! Ampe lonte ikut-ikutan ngomong iyee,” kata Habib Rizieq dilansir dari tayangan YouTube Front TV, Minggu (15/11/2020).

 
Ucapan tersebut disambut gemuruh jamaah. “Saudara, lanjut jangan?” kata Habib Rizieq yang kemudian dijawab jemaah, “lanjut.”

“Tapi jangan berisik dong,” kata Rizieq.

 
Habib Rizieq baru pulang dari Arab Saudi pada 10 November setelah 3,5 tahun hidup dalam pengasingan di Arab Saudi. 

Kembalinya Rizieq disambut ribuan pendukung yang berkumpul di sekitar bandara. Akibatnya, akses ke bandara macet parah, banyak calon penumpang terlambat, sejumlah aktivitas penerbangan terganggu. Konsentrasi massa pendukung Rizieq juga dikritik keras karena sebagian tidak menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona. Kritik satir juga disampaikan artis Nikita Mirzani, belakangan muncul ancaman rumahnya akan didatangi pendukung Habib Rizieq.

Video Editor: Dewi Yuliantini

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Ada Liquid Cool di Poco X3 NFC, Apa Fungsinya?

Read Next

Aubameyang dan timnas Gabon terpaksa tidur di lantai bandara

Tinggalkan Balasan