Gunung Kidul Diguncang Gempa Bermagnitudo 4,6

Asaljeplak.my.id –Gunung Kidul di Yogyakarta diguncang gempa dengan magnitudo 4,6 pada Kamis malam (7/1/2021) sekitar pukul 21.44 WIB, demikian diumumkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam pengumuman yang disiarkan di Twitter, BMKG mengatakan bahwa gempa Gunung Kidul itu dirasakan pada skala II sampai III MMI. Belum diketahui apa pemicu gempa tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa episenter gempa terletak di laut, tepatnya di titik kordinat 8.731 Lintang Selatan dan 110.28 Bujur Timur, atau sekitar 89 kilometer sebelah barat daya Gunung Kidul. Pusat gempa berasal dari kedalaman 31 kilometer.

Belum ada laporan terkait korban atau kerusakan akibat gempat tersebut.

Baca Juga:
BMKG Ungkap 7 Fakta Unik Gempa Aceh Pagi Tadi

Gempa Gunung Kidul ini merupakan gempa dengan kekuatan signifikan keempat di sepanjang Kamis. Sepanjang hari ini telah terjadi tiga kali gempa di Nusantara dengan kekuatan di atas magnitudo 5.

Pada Kamis dini hari, sekitar pukul 00.28 WIB terjadi gempa Bengkulu dengan magnitudo 5,7. Kemudian pada pukul 3.59 WIB terjadi gempa Teluk Tomini yang bermagnitudo 6,2. Gempa Aceh, yang berpusat di Sabang, terjadi pukul 8.27 WIB dengan magnitudo 5.

Jika gempa Gunung Kidul belum diketahui sumbernya, maka tiga gempa lainnya menurut BMKG dipicu aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa Aceh, Bengkulu, dan Teluk Tomini disebabkan oleh pergeseran naik (thrust fault).

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

READ  Gempa Sukabumi Dipicu Sesar Aktif Cipamingkis yang Membentang ke Laut

admin

Read Previous

Menteri PAN-RB ingin LAN jadi pembaharu administrasi negara

Read Next

Sempat Sesak Nafas, Polda Sebut Kondisi Rizieq Sehat

Tinggalkan Balasan