Gunakan Radar, Arkeolog Temukan Kapal Viking Terkubur di Norwegia

Asaljeplak.my.id –Arkeolog telah menemukan situs permakaman Viking yang lengkap dengan kapal Viking dimensi 18,8 m yang terkubur. Penemuan itu dilaporkan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Antiquity.

Situs terletak di Gjellestad, di mana berlokasi Jell Mound, salah satu gundukan pemakaman Zaman Besi terbesar di Skandinavia.

Selain kuburan kapal Viking, area tersebut mungkin termasuk aula pesta, rumah pertanian, dan beberapa jenis bangunan keagamaan.

Para arkeolog tidak perlu menggali situs untuk menemukannya. Sebaliknya, tim ahli menggunakan bantuan radar penembus tanah untuk memetakan fitur-fitur bawah tanah. Kapal itu terkubur sekitar 1,4 m di bawah tanah.

Baca Juga:
New Rolls-Royce Ghost Mendarat di Singapura, Ini Penampakan Perdananya

Ilustrasi baju zirah bangsa Viking.[Shutterstock]Ilustrasi baju zirah bangsa Viking.[Shutterstock]

“Situs itu tampaknya milik eselon paling atas dari elit Zaman Besi di daerah tadi dan akan menjadi titik fokus untuk pengerahan kontrol politik dan sosial di lokasi temuan,” kata Lars Gustavsen, penulis utama penelitian, seperti dikutip CNET pada Jumat (13/11/2020).

Para ilmuwan mengatakan situs itu berasal dari kuburan gundukan biasa, kemudian diubah menjadi pemakaman berstatus tinggi yang diwakili oleh gundukan pemakaman monumental, bangunan aula, dan penguburan kapal.

Tim telah mengklasifikasikan situs sebagai “status tinggi” setelah menemukan benda-benda berharga, termasuk liontin emas. Menurut laporan, liontin serupa biasa ditemukan dalam penguburan dari 1-400 Masehi.

Uji penggalian telah dilakukan dan penggalian penuh pada penguburan kapal juga sedang berlangsung. Ini adalah pertama kalinya kuburan kapal Viking digali dalam hampir 100 tahun. Penemuan ini menawarkan kesempatan untuk melakukan penggalian dengan teknik ilmiah modern.

Baca Juga:
Ilmuwan Temukan Helm Viking Hampir Utuh Pertama di Dunia

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

TGB: Pahlawan adalah simbol keteladanan dan panutan bangsa

Read Next

Banyak Pegawai KPK Mundur, Akankah Pemberantasan Korupsi Tinggal Cerita?

Tinggalkan Balasan