Google Donasikan 11 Juta Dolar AS Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional

Asaljeplak.my.id –Google memberikan informasi pemberian bantuan 11 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk mendukung pemulihan ekonomi Nasional Indonesia. Bantuan ini ditujukan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta anak-anak muda pencari kerja.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia menyebutkan bahwa nominal 11 juta dolar AS dibagi menjadi 10 juta dolar AS untuk pinjaman UMKM, dan 1 juta dolar AS sebagai bantuan bagi pencari kerja.

“Pinjaman modal ini akan diinvestasikan melalui kemitraan dengan Kiva, platform pinjaman online, yang menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah. Sementara 1 juta dolar AS akan diberikan lewat Google.org kepada Yayasan Plan International Indonesia bagi para pencari kerja,” tutur Randy Jusuf dalam acara Google for Indonesia, Rabu (18/11/2020).

Ia menyebutkan bahwa melalui kemitraan dengan Kiva, Google bisa memberikan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak pandemi COVID-19, terutama komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia.

Baca Juga:
Mengenal Kormo Jobs, Aplikasi Layanan Pencari Kerja dari Google

Pameran UMKM Indonesia CSR Exhibition 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (18/8).Pameran UMKM Indonesia CSR Exhibition  di Balai Kartini, Jakarta, beberapa tahun lalu. Sebagai ilustrasi [ANTARA Foto].

Selain Yayasan Plan International Indonesia, Google juga bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan program pelatihan bernama “Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment”.

Program ini ditujukan untuk memberikan pelatihan keterampilan dan meningkatkan kemampuan kerja untuk anak-anak muda. Nantinya, mereka akan dilatih kurun dua tahun. Selama berjalan, program ini sudah menjangkau 5.200 anak muda.

“Kami ingin membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonomi melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat sipil,” jelas Randy Jusuf.

Dengan bantuan ini, ia berharap bahwa Indonesia bisa memiliki talenta digital yang diprediksi akan menyumbang lebih dari Rp4,4 triliun untuk Produk Domestik Bruto atau PDB Indonesia 2030.

Harapannya, donasi tadi bisa berperan penting dalam pemulihan ekonomi dan ketahanan bisnis dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga:
Google Segera Luncurkan Aplikasi Pembayaran Google Pay

“Sejak 2015, program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), termasuk 200.000 orang selama COVID-19. Melalui hibah Google.org ini, kami ingin melakukan lebih banyak untuk mendukung anak muda yang rentan,” pungkasnya.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

DPR: Indonesia miliki peluang maksimalkan transformasi ekonomi

Read Next

Instruksi Mendagri: Langgar Protokol Kesehatan Kepala Daerah Bisa Dicopot

Tinggalkan Balasan