Gletser Gunung Himalaya Putus Menghantam Bendungan, 200 Orang Hilang

Asaljeplak.my.id –Sedikitnya 200 orang hilang di India utara setelah sepotong gletser Himalaya putus, mengirimkan banjir besar dan puing-puing menabrak dua bendungan dan menyapu jalan serta jembatan.

Sembilan mayat telah ditemukan, Surjeet Singh, seorang pejabat polisi mengatakan kepada Associated Press dikutip Dailymail, Senin (8/2/2021) dan operasi putus asa telah diluncurkan untuk menyelamatkan sekitar 17 orang yang terperangkap di sebuah terowongan.

Sebagian dari gletser Nanda Devi pecah di daerah Tapovan negara bagian Uttarkhand pada Minggu pagi, merusak proyek pembangkit listrik tenaga air Rishiganga dan Dhauliganga serta rumah-rumah di daerah tersebut.

Semburan air besar-besaran merobek lembah sungai Dhauliganga, menghancurkan semua yang dilewatinya, video yang direkam oleh penduduk yang ketakutan menunjukkan.

Baca Juga:
Survei di India Prediksi 290 Juta Warga di Sana Telah Terinfeksi Covid-19

Gletser Gunung Himalaya putus dan menyebabkan banjir. [Indo Tibetan Border Police/AFP]Gletser Gunung Himalaya putus dan menyebabkan banjir. [Indo Tibetan Border Police/AFP]

“Ada awan debu saat air lewat. Tanah bergetar seperti gempa bumi,” kata penduduk setempat Om Agarwal kepada sebuah stasiun TV India.

Sebagian besar dari mereka yang hilang adalah pekerja di dua pembangkit listrik yang dilanda banjir, setelah sebagian besar gletser Nanda Devi tergelincir dari lereng gunung lebih jauh ke hulu.

“Ada 50 pekerja di pabrik Rishi Ganga dan kami tidak memiliki informasi tentang mereka. Sekitar 150 pekerja berada di Tapovan,” jelas kepala polisi negara bagian Uttarkhand Ashok Kumar.

Sekitar 20 orang terjebak di dalam terowongan. Hingga saat ini masih diicoba enjangkau para pekerja yang terperangkap.

Vivek Pandey, juru bicara paramiliter Pasukan Perbatasan Indo Tibet mengatakan pembangkit listrik tenaga air Rishiganga hancur, sedangkan pembangkit listrik tenaga air Dhauliganga rusak.

READ  Warga pesisir Tanjungpinang peringati HUT RI di kelong

Baca Juga:
Nenek 89 Tahun Belajar Menyetir dan Bikin SIM, Alasannya Bikin Haru

Keduanya berada di Sungai Alaknanda, yang mengalir dari pegunungan Himalaya hingga Sungai Gangga.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Umat Kristen di Kendari doakan keselamatan bangsa dan negara

    Read Next

    Tak Hanya Jakarta, Potensi Hujan Petir Hari Ini Merata di Indonesia

    Tinggalkan Balasan