Gempa Maumere dan Nias Tutup 2020, Punya 5 Kesamaan

Asaljeplak.my.id –Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi dua gempa pada hari terakhir tahun 2020, Kamis (31/12/2020) yakni gempa Maumere di Flores, Nusa Tenggara Timur dan di Nias, Sumatra Utara.

Sepasang gempa ini punya lima kemiripan. Gempa Maumere terjadi pukul 17.18.54 WIB dan Gempa Nias terjadi berselang 31 menit kemudian, yakni pada pukul 17.49.03 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam penjelasannya di Youtube, mengatakan bahwa sepasang gempa di Maumere dan Nias itu sama-sama memiliki kekuatan magnitudo 5,2.

Lebih jauh, jelas Daryono, dua gempa itu sama-sama dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Gempa Maumere dipicu deformasi batuan di kedalaman menengah 116 km, sementara Gempa Nias disebabkan deformasi batuan di kedalaman dangkal 23 km di zona megathrust.

Baca Juga:
Gempa Kroasia: Tujuh Orang Tewas Tertimpa Reruntuhan Bangunan

Episenter gempa Nias terletak pada koordinat 0,32 Lintang Utara (LU) dan 97,64 Bujur Timur (BT) tepatnya di laut pada jarak 34 kilometer (km) arah Barat Daya Nias Selatan.

Sementara episenter gempa Maumere terletak pada koordinat 8,97 Lintang Selatan dan 122,32 Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 40 km arah Selatan Maumere.

Kedua gempa itu, di Maumere dan Nias, sama-sama tak memicu tsunami.

Tidak berhenti di situ. Dua gempa ini juga sama-sama memicu guncangannya dalam skala intensitas III MMI. gempa Maumere dirasakan di Maumere dan Ende II-III MMI dan Waingapu II MMI, sementara gempa Nias dirasakan di Teluk Dalam II- III MMI.

Hasil pemantauan BMKG menunjukkan bahwa gempa Maumere diikuti satu gempa susulan, sementara gempa Nias belum terjadi gempa susulan.

READ  Facebook punya Facebook Campus, ini tiga fitur utama

Baca Juga:
Selama 2020 Jumlah Gempa di Indonesia Turun Drastis

Meski demikian ditegaskan bahwa kedua gempa itu tidak memiliki hubungan, karena jaraknya yang sangat dan memiliki dengan sumber gempa yang berbeda.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Gubernur Sulut dan Kapolda pantau pos pengamanan pergantian tahun

Read Next

Kapal Penangkap Ikan Terbalik di Dekat Pulau Jeju, Tiga ABK WNI Hilang

Tinggalkan Balasan