Gempa Majene: Sesar Naik Mamuju Punya Potensi Picu Gempa Kuat

Asaljeplak.my.id –Gempa Majene yang terjadi pada Kamis (14/1/2021) dengan magnitudo 5,9 dipicu oleh sesar naik Mamuju dan menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika sesar pemicu gempa itu perlu diwaspadai karena punya potensi memicu gempa kuat.

Koordinator bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan bahwa sesar naik Mamuju memiliki magnitudo tertarget mencapai 7,0 dengan laju geser sesar 2 milimeter/tahun.

“Sehingga sesar ini memang harus diwaspadai karena mampu memicu gempa kuat,” kata Daryono dalam penjelasannya yang diunggah di Facebook.

Berdasarkan catatan Daryono sesar naik Mamuju atau Mamuju thrust merupakan sesar lepas pantai yang sangat aktif, dengan pergerakan sesar naik.

Baca Juga:
Ada 3 Gempa Susulan di Majene, Lokasinya di Darat Tidak Berpotensi Tsunami

Dalam sejarah, tercatat ada satu gempa merusak dan bahkan memicu tsunami yang berkaitan dengan sesar naik Mamuju ini. Pertama adalah gempa yang memicu tsunami pada 23 Februari 1969.

Gempa 1969 itu bermagnitudo 6,9 dan berpusat di kedalaman 13 km. Gempa ini memicut tsunami setinggi 4 meter yang menewaskan 64 orang dan merusak lebih dari 1.200 bangunan.

“Gempa Majene yang merusak hari ini dan gempa pemicu tsunami destruktif tahun 1969 dibangkitkan oleh generator gempa yang sama yaitu Sesar Naik Mamuju,” jelas Daryono.

Adapun gempa Majene pada siang tadi menyebabkan sejumlah bangunan rusak dan runtuhnya bebatuan di sekitar Majene, Sulawesi Barat. Gempa juga terasa sampai ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga:
Gempa Majene, Pasien Rumah Sakit Dievakuasi ke Lapangan Terbuka

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

READ  Pre-Order PS5 di Indonesia Resmi Dibuka Hari Ini

admin

Read Previous

Tokoh Papua dukung penunjukan Komjen Listyo jadi Kapolri

Read Next

Menkes Pastikan Negara Jadi Penanggung Jawab Rakyat Terkait KIPI

Tinggalkan Balasan