Galang Dana untuk Palestina, Fatih Seferagic Himpun Rp 670 Juta

Asaljeplak.my.id –Setelah serangan berkelanjutan terhadap rakyat Palestina di Gaza oleh angkatan bersenjata Israel yang dimulai pada 10 Mei, menurut otoritas kesehatan di Gaza serangan ini setidaknya menewaskan sedikitnya 254 warga Palestina, 66 diantaranya merupakan anak-anak.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan bahwa selama pemboman 11 hari yang dilakukan Israel berdampak pada kerusakan rumah, sekolah, rumah sakit dan infrastruktur penting lainnya yang membuat puluhan ribu warga Palestina terpaksa mengungsi.

“Lebih dari 77.000 orang mengungsi dan sekitar 30 fasilitas kesehatan rusak,” katanya.

Melihat kondisi ini, sejumlah tokoh Islam berpengaruh mengecam serangan Israel tersebut. Salah satunya, Qori internasional muda Fatih Seferagic.

Baca Juga:
Kritik Pandangan Felix Siauw, Gus Sahal: Rongrong Nasionalisme dan Bukti Tak Paham Islam

“Terus sebarkan kesadaran untuk membela yang benar, angkat suara dan tuntut keadilan,” kata Fatih dalam beberapa postingan di media sosialnya.

Tak hanya itu, Fatih juga menggalang dana dari masyarakat untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina. Bantuan yang diberikan berupa sembako, obat-obatan untuk rumah sakit, pembangunan dan perbaikan rumah, listrik untuk sekolah dan air bersih.

Fatih membuka donasi dengan menggandeng Charity Platform yang berbasis di Gaza, yaitu Human Appeal yang disematkan di akun Instagram miliknya @therealfatih. Hingga Jumat (4/6/2021), tercatat lebih dari 400.000 USD atau sekitar Rp 670 juta dana telah terkumpul di laman donasi bertajuk “Help Rebuild Palestine”.

Selain mengajak masyarakat untuk mendonasikan sebagian hartanya, Fatih juga mengajak warganet dan masyarakat dunia untuk mendoakan warga Palestina.

Dalam unggahan video pendek berdurasi 1 menit di akun Instagram miliknya, Fatih mengajak seluruh umat Islam, mengirimkan doa kepada warga Palestina, baik saat menunaikan sholat wajib maupun sunnah.

READ  Anggota DPR minta Kemenlu dorong negara-negara sanksi Israel

Baca Juga:
Galang Donasi untuk Palestina, Muhammadiyah Himpun Rp32,185 Miliar

“Doa adalah senjata orang beriman. Jika anda benar-benar peduli dengan penderitaan rakyat Palestina, anda akan mengingat mereka dalam setiap doa, ketika anda sujud. Setiap subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya dan setiap sholat sunnah. Anda akan keluar dari kenyamanan tidur anda di malam hari dan berdoa Tahajjud dan berdoa dengan tulus memohon kepada Allah SWT untuk membantu memerangi penindas saudara dan saudari Muslim kita,” tulis Fatih.

Aksi solidaritas yang dilakukan Fatih pun mendapat respon positif dari netizen, sejumlah hastag bertuliskan #savepalestine juga membanjiri postingan Fatih sebagai simbol dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

“Terima kasih telah mengatakan ini saudaraku, insya Allah kita akan melanjutkan doa-doa kita. Semoga Allah SWT segera memberikan keselamatan dan kenyamanan kepada saudara-saudara kita tercinta, insya Allah,” tulis salah satu netizen pemilik akun @fayasjawfer.

Qori muda ini telah mengumpulkan banyak pengikut dan pengaruh dengan banyak selebriti dan atlet di seluruh dunia yang mengikutinya di sosial media. Salah satunya terlihat baru-baru ini dari postingan Instagram Fatih yang mengunggah foto bersama Khabib Nurmagomedov, yang dianggap sebagai salah satu selebriti muslim paling berpengaruh di dunia saat ini, seorang seniman bela diri campuran dari Rusia yang juga sangat menentang serangan Israel terhadap Palestina.

Menurut Fatih, Khabib dengan segala kepopulerannya merupakan sosok inspiratif bagi umat Islam yang tidak takut menentang ketidakadilan.

“Semoga Allah terus memberkati saudara-saudara kita. Sebuah inspirasi sejati bagi kita semua. Teguh dalam iman dan nilai-nilai. Seseorang yang tidak takut untuk berbicara menentang banyak ketidakadilan yang terjadi di seluruh dunia,” tulis Fatih.

READ  Emak-emak Tergiur Drone Murah Olshop, Berharap Untung Malah Buntung

Melalui akun Instagramnya yang saat ini diikuti 1,9 juta pengikut, Fatih kerap mengunggah sejumlah foto dan video kondisi terkini Palestina yang menarik jutaan penonton.

Selain itu, nampak sejumlah tokoh Indonesia yang bersahabat dengan Qori yang selama ini vokal dengan isu Palestina antara lain Ridwan Kamil, Irwansyah dan sejumlah tokoh lainnya.

Selain menggalang donasi untuk Palestina, sebelumnya Fatih yang juga aktivis kemanusiaan bersama manajernya Toqeer Khan telah melakukan serangkaian perjalanan dakwah dan amal untuk memberikan bantuan di sejumlah negara di benua Afrika diantaranya Afrika Selatan, Sierra Leone dan Togo pada Ramadhan lalu.

Dalam kunjungannya ke berbagai negara di Afrika tersebut, Fatih dan Toqeer membagikan sejumlah bantuan kepada warga serta menyiarkan dakwah Islam.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

VW dekati penyelesaian klaim dieselgate dengan eks CEO Winterkorn

Read Next

Raker Komisi I DPR dengan Menkominfo

Tinggalkan Balasan