Etika makan di dalam kendaraan


Jakarta ((AJ)) – Makan di dalam kendaraan memang tidak dilarang, baik pengendara mau penumpang. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan ketika seorang di dalam kendaraan harus melakukan kegiatan tersebut.

Untuk penumpang, makan pada saat kendaraan sedang berjalan akan menimbulkan kegelisahan dan juga kenyamanan yang kurang, sedangkan untuk pengemudi, hal ini jelas menimbulkan kurangnya konsentrasi pada saat menyetir.

Kendati demikian, ada beberapa tips yang dibagikan oleh Auto2000 dalam laman resminya, jika seseorang harus makan dalam kendaraan. Berikut rangkumannya:

1. Mobil wajib berhenti
Satu hal yang cukup mendasar dan penting sebelum hendak makan adalah memastikan mobil dalam keadaan berhenti. Jika Anda tengah dalam perjalanan, pilih lokasi parkir yang aman.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya konsentrasi yang terpecah pada saat kegiatan itu dilakukan secara bersamaan. Meskipun pengemudi tidak makan, namun aroma makanan yang menusuk hidung bisa saja mengganggu fokus pengemudi memegang kendali.

2. Pilih makanan
Karena kabin mobil ruangnya terbatas, maka sebaiknya pilih makanan yang tidak merepotkan dalam penyajiannya. Anda bisa menghindari makanan berkuah, atau makanan yang mudah menyisakan remah-remah. Jangan sampai memaksakan menyajikan makanan yang sulit malah menjadikan kabin kotor karena tumpahan atau senggolan.

3. Siapkan plastik khusus sampah
Agar makan di mobil tidak menimbulkan sisa sampah yang berantakan maka siapkan plastik khusus. Kumpulkan sisa makanan atau sampah pada plastik tersebut dan ikat rapat. Tunggu sampai menemukan tempat sampah untuk membuangnya.

4. Gunakan alat makan
Untuk mempermudah dan menghindari kotoran menempel pada kabin, jok atau trim interior, maka pastikan Anda membawa sendok, garpu atau pisau dan sedotan untuk minuman demi mempermudah menyantap. Pastikan juga siapkan tisu atau serbet untuk membersihkan tangan dan mulut atau menyeka bekas makanan yang menempel pada interior.

READ  Yield AS Naik Lagi, Wall Street Dibuka Berayun ke Zona Merah

5. Cek sisa makanan
Selesai makan maka rapihkan peralatan makan dan cek sisa makanan dan remah jika ada yang terjatuh. Cek lantai dan sudut interior, jika ada sisa makanan segera bersihkan.

Memang tampak sepele. Namun membiarkan sisa makanan berlama-lama di kabin dapat menimbulkan bau tak sedap hingga mengundang serangga masuk. Pastikan juga mobil Anda menggunakan karpet untuk menghindari kotoran tersebut.

Setelah selesai makan maka Anda siap untuk melanjutkan perjalanan lagi. Buat perencanaan perjalanan termasuk istirahat untuk makan dan semacamnya agar lancar sampai tujuan. Ingat, AutoFamily perlu mengutamakan keselamatan mengemudi sebelum makan di mobil.

  • Tags
  • tips otomotif
  • makan di dalam mobil

Sumber : (1):

admin

Read Previous

#AksiMudaIndonesia, Asuransi Astra Siap Hadiahkan Rp260 Juta untuk Kontribusi Mahasiswa

Read Next

Sebelum Pasang Info Lowongan Kerja di Jogja, Lakukan Hal Berikut

Tinggalkan Balasan