Dokter: Perlu edukasi masif naikkan partisipasi lansia ikut vaksinasi


Untuk meningkatkan partisipasi lansia dalam program vaksinasi, penting dilakukan edukasi vaksinasi secara masifBandarlampung ((AJ)) – Praktisi kesehatan dr Putu Ristyaning Ayu SpPK, mengatakan perlu dilakukan edukasi masif untuk meningkatkan partisipasi orang lanjut usia (lansia) ikut serta dalam program vaksinasi COVID-19.

“Untuk meningkatkan partisipasi lansia dalam program vaksinasi, penting dilakukan edukasi vaksinasi secara masif,” ujar Putu Ristyaning Ayu, saat dihubungi di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengatakan dengan adanya sosialisasi tersebut maka dapat memberi kepercayaan akan keamanan dan kegunaan vaksin.

“Dengan pendekatan yang lebih intensif kita bisa membangun kepercayaan masyarakat terutama lansia akan keamanan dan kegunaan vaksin bagi pembentukan imun selama pandemi COVID-19,” ucapnya.

Menurutnya, sosialisasi selain dapat langsung diberikan kepada lansia juga dapat dilakukan melalui keluarga terdekat.

“Mungkin bisa menyasar keluarga terdekat untuk memberitahukan pentingnya vaksinasi, serta efeknya bagi orang tua ataupun lansia yang ada di rumah, semua harus dijelaskan secara gamblang,” katanya.

Ia menjelaskan pada umumnya masyarakat terkadang ragu untuk ikut serta dalam vaksinasi COVID-19 bagi lansia karena banyaknya informasi yang simpang siur mengenai vaksinasi.

“Banyak informasi yang diterima masyarakat kurang baik, sehingga banyak yang ragu, dan adanya stigma negatif tersebut dapat dikurangi melalui edukasi yang lebih intens,” ujarnya.

Putu mengatakan untuk mempercepat progres vaksinasi COVID-19 bagi lansia, dapat pula dilakukan dengan cara mengumpulkan lansia per desa ataupun kecamatan.

“Bisa juga melakukan vaksinasi dengan mengumpulkan lansia per desa ataupun kecamatan, lalu vaksinasi langsung dilakukan di tempat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Rabu (9/6) terinci progres vaksinasi lansia yakni ada 31.440 orang yang telah mendapatkan vaksinasi pertama, dan 23.412 orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua dari total sasaran 717.971 orang lansia.

READ  Ini Cara BRI Rampungkan Realisasi Penyaluran Dana PEN dan Bansos 2020

 

Sumber : (1):

admin

Read Previous

Pratinjau Euro 2020, dominasi bola Italia vs disiplin bertahan Turki

Read Next

Hadapi UEA Tanpa Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Menolak Gentar

Tinggalkan Balasan