Digelar 3 Bulan Lagi, Lakukan 4 Hal Ini Agar Sukses di UTBK SBMPTN 2021

Asaljeplak.my.id –Dalam waktu 3 bulan mendatang, ujian masuk perguruan tinggi negeri, atau dikenal dengan UTBK SBMPTN 2021, akan digelar. Sejak jauh hari, mereka yang duduk di kelas 12 sudah melakukan persiapan guna menghadapi ujian tersebut.

Kondisi pandemi Covid-19 tentu bukan jadi alasan untuk tidak mempersiapkan diri menghadapi ujian ataupun bermalas-malasan. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan 4 hal berikut agar siap tempur menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021, mengutip siaran pers dari Ruangguru yang diterima suara.com, Rabu (13/1/2021).

1. Kenali jurusan dan universitas impianmu
Perlu diketahui, berdasarkan data tahun lalu yang dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 167.653 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui UTBK SBMPTN tahun 2020.

Sedangkan angka pendaftar SBMPTN tahun 2020 saat itu mencapai 703.875 peserta. Dari data tersebut, kita tahu bahwa persaingan sangat ketat untuk mendapatkan peluang berhasil lulus.

Baca Juga:
Siap-Siap Ujian, Ini Tips Belajar Efektif untuk Siswa

Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus rajin-rajin membuka informasi mengenai jurusan dan universitas impian kamu. Kenali dengan baik jurusan dan universitas apa yang ingin kamu pilih. Jangan sampai kamu salah strategi dan akhirnya gagal mendapatkan peluang tersebut.

2. Pahami syarat-syarat dan ketentuan
Selain memahami jurusan yang kamu minati, pahami juga dengan cermat syarat-syarat untuk pendaftaran. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang ketinggalan, ya.

Pastikan kamu sudah membaca syarat serta peraturan yang berlaku. Kamu bisa cek di website LTMPT untuk lebih detailnya.

Rajin-rajinlah mencari informasi terbaru terkait pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2021.

3. Memperbanyak latihan soal
“Practice makes perfect!” kalimat tersebut sering banget diucapkan oleh para motivator. Tapi, tahukah kamu maksud dari kalimat ini? Latihan membantu untuk menstimulasi tubuh kamu supaya cepat tanggap.

READ  Tembus Rp276 M, WN Nigeria Kendalikan Penipuan Rapid Tes dari Rutan Serang

Baca Juga:
Potret Penampakan SIM C Bikin Heboh, Kolom Tinggi Badan Jadi Sorotan

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu sering berlatih mengerjakan soal ujian. Ketika kamu sering berlatih soal, otak akan menstimulasi soal-soal yang sering kamu kerjakan sehingga kamu dapat memahami berbagai macam model soal dan cara mengerjakannya.

Kamu bisa mencari berbagai contoh prediksi soal-soal ujian SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya atau kamu bisa uji kemampuan kamu dengan soal-soal di ruanguji by Ruangguru.

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian
Pastikan kamu menjaga kesehatan dengan baik saat melakukan berbagai persiapan menjelang UTBK. Salah satunya berolahraga. Dari sekarang kamu biasakan untuk berolahraga supaya pikiran dan badan kamu tetap segar.

Terlebih lagi di masa pandemi ini, kesehatan menjadi unsur utama yang harus diperhatikan. Kesehatan mental dan fisik adalah yang terpenting. Karena ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berjam-jam di depan layar komputer.

Pastikan kamu selalu rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh. Berolahraga dan istirahat secukupnya supaya kamu bisa belajar dengan maksimal.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Koleksi Perhiasan Mewah Ronaldo dan Georgina Rodriguez, Harganya Fantastis

Read Next

Trump sebut medsos pemecah belah bangsa

Tinggalkan Balasan