Deal Bersejarah! G7 akan Pajaki Google Cs Minimal 15%

Jakarta, CNBC Indonesia – Negara-negara terkaya dunia, yang tergabung dalam Grup 7 atau G7, mencapai kesepakatan pengenaan pajak 15% untuk perusahaan raksasa multinasional. 

Pertemuan negara G7 yang tahun ini berlangsung di Inggris tersebut mendukung pengenaan tarif pajak perusahaan global minimal 15%, dan menerapkan langkah-langkah untuk memastikan pajak dibayar di negara-negara tempat bisnis beroperasi.

“Setelah bertahun-tahun berdiskusi, para menteri keuangan G7 telah mencapai kesepakatan bersejarah untuk mereformasi sistem pajak global agar sesuai dengan era digital global,” kata menteri keuangan Inggris Rishi Sunak kepada wartawan, seperti dikutip CNBC Indonesia dari Reuters.

Kesepakatan itu, yang dapat menjadi dasar pakta global bulan depan, bertujuan untuk mengakhiri “perlombaan ke bawah” selama beberapa dekade di mana negara-negara telah bersaing untuk menarik perusahaan raksasa dengan tarif dan pengecualian pajak yang sangat rendah.

Praktik yang selama ini terjadi gilirannya merugikan keuangan negara mereka ratusan miliar dolar, kekurangan yang sekarang harus mereka ganti lebih mendesak untuk membayar biaya besar menopang ekonomi yang dirusak oleh krisis virus corona.

Para menteri bertemu tatap muka di London untuk pertama kalinya setelah terjadi pandemi COVID-19 di seluruh dunia.

Menurut salinan kesepakatan akhir yang dilihat oleh Reuters, para menteri G7 mengatakan mereka akan “berkomitmen pada pajak minimum global setidaknya 15% berdasarkan negara per negara”.

“Kami berkomitmen untuk mencapai solusi yang adil dalam alokasi hak perpajakan, dengan negara-negara pasar diberikan hak perpajakan setidaknya 20% dari keuntungan melebihi margin 10% untuk perusahaan multinasional terbesar dan paling menguntungkan,” tambah teks tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

READ  Hasil Roma vs Inter Milan: Si Ular Besar Tertahan di Kandang Serigala

admin

Read Previous

Curhat Valentino Rossi Usai Jalani Hari Pertama MotoGP Catalunya 2021, Sulit!

Read Next

Daftar proyek film yang disiapkan Visinenema Pictures

Tinggalkan Balasan