• September 27, 2020

Cek Fakta: Benarkah Arteria Dahlan Cucu Bachtaroeddin Anggota PKI?

Asaljeplak.my.id –Beredar narasi yang mengatakan bahwa Kakek Arteria Dahlan pendiri PKI Sumbar. Klaim tersebut mengatakan Arteria Dahlan adalah cucu dari Bachtaroeddin, salah satu anggota Fraksi PKI yang pernah duduk di DPR.

Kabar klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook Kinanti Ayuningati dan dibagikan dalam grup Facebook Nusantara Cyber Community.

Dalam unggahannya, Kinanti Ayuningati menyertakan foto sebuah dokumen yang disebut milik dari Bachtaroeddin.

Berikut ini adalah narasi yang ditulis:

“Ini dokumen bukti Bachtaroeddin, kakek Arteria Dahlan, pernah menjadi anggota Fraksi PKI di DPR. Lihat catatan kaki. Copas wall Bu Yani.”

sumber klaim juga mencantumkan tautan yang sudah tidak bisa diakses.

[SALAH] Arteria Dahlan Adalah Cucu Bachtaroeddin Anggota PKI (Turnbackhoax.id).[SALAH] Arteria Dahlan Adalah Cucu Bachtaroeddin Anggota PKI (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id – Jaringan Suara.com Kamis (10/9/2020), klaim yang menyebutkan bahwa Bachtaroeddin adalah kakek dari Arteria Dahlan tersebut tidak benar.

Arteria Dahlan dan keluarga besarnya membantah klaim bahwa kakek Arteria Dahlan adalah pendiri PKI di Sumatera Barat. Hasri Chianago sendiri menyatakan dia tidak menuduh Arteria sebagai keturunan PKI.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »

    Catatan Redaksi:
    Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    READ  Kejagung Diminta Panggil Eks Bos Bapepam LK Terkait Jiwasraya

    admin

    Read Previous

    Tanpa Jantan, Ular Sanca Betina Berusia 62 Tahun Bertelur

    Read Next

    LIB gelar lokakarya medis Liga 1 dan 2 di Yogyakarta

    Tinggalkan Balasan