• September 23, 2020

Cara Merawat Power Window Agar Tidak Mudah Macet

Asaljeplak.my.id –Power window memiliki fungsi membantu operasional kaca jendela agar aktivitas menaikkan atau menurunkan kaca jendela lebih mudah sekaligus efisien tanpa menggunakan engkol lagi. Digerakkan secara elektrik, terkadang bisa mengalami kejadian  nyangkut  atau gangguan sehingga macet.

Nah, agar power windows tidak mudah mengalami kondisi itu, mesti ada perawatan secara baik dan benar.

Dikutip dari Suzuki Indonesia, berikut adalah cara merawat dan mencegah power window mobil yang mengalami kemacetan.

Ada tiga tips bisa dilakukan dan dipraktekkan, yang mesti dilakukan berkala.

Perbaiki mekanisme kaca mobil agar bisa dioperasikan secara normal. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].Perbaiki mekanisme kaca mobil agar bisa dioperasikan secara normal. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Berikut adalah tips merawat power window supaya tidak mudah macet:

Gunakan power window seperlunya

  • Jangan terlalu sering menaik-turunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil mengalami aktivitas ini, semakin sering power window digunakan dan akan cepat mengalami kerusakan.
  • Penggunaan seperlunya menjaga fitur ini bisa lebih awet. Cukup turunkan sedikit saja hingga cukup memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, tidak perlu menurunkan kaca mobil secara keseluruhan.

Bersihkan kaca mobil secara berkala

  • Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih yang menempel pada rel kaca. Dengan terhambat kotoran yang turut naik dan turun mengikuti mekanisme power window, materi ini bisa tersangkut atau malah ikut asuk hingga bagian bawah rel kaca.
  • Bersihkan kaca secara berkala, bisa dibantu penyedot debu yang bertujuan menjadikan power window lebih awet, juga bisa mencegah komponen-komponen peranti ini tidak mudah berkarat.

Jaga kondisi karet rel kaca tetap lentur

  • Untuk mobil yang menggunakan karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet mengering atau getas akan membuat kaca tersendat dan macet. Bahkan berpotensi menyebabkan kaca tergores.
  • Untuk merawatnya bisa dengan membersihkan karet menggunakan shampoo. Caranya dioleskan pada sekitar karet penjepit kaca. Kemudian, gerak-gerakkan naik-turun sampai cairan merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak untuk membersihkannya, karena bisa mengundang debu yang bakal menempel serta membuat karet cepat getas.
READ  Ter Stegen dipastikan absen bela Barcelona di awal musim

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

5 Potret Mantan Istri Dory Harsa, Semanis Nella Kharisma

Read Next

Maserati kenalkan SUV Grecale, siap meluncur di tahun 2021

Tinggalkan Balasan