Bye-bye 2020! Wall Street Rekor, To the Moon di Akhir Tahun

Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street akhirnya menutup akhir tahun dengan manis, Kamis (31/12/2020). Meski secara sepanjang tahun penuh ‘drama’, indeks-utama mencetak rekor.

Di tahun ini naik 16% sementara Dow Jones Industrial Average (DJIA) 7%. Nasdaq Composite Index sendiri naik 43%, yang menandai kenaikan tahunan terbesar sejak 2009.

“Untuk indeks yang luas, ini adalah tahun bullish meskipun ada kegilaan di dunia nyata,” kata Mike Zigmont, kepala penelitian dan perdagangan di Harvest Volatility Management dikutip Reuters.

“Saya merasa seperti investor telah memutuskan bahwa dunia telah berubah selamanya, pandemi virus corona adalah katalisnya dan sekarang investor telah memutuskan siapa pemenangnya dan siapa yang kalah dan bergerak maju.”

Penutupan perdagangan juga disebut beberapa analis mencerminkan optimisme pasar ke tahun 2021. Meski di sisi lain, corona sepertinya masih membuat pemulihan ekonomi lambat.

“Untuk ‘Main Street’, ini adalah tahun yang buruk. Bagi Wall Street, itu adalah tahun yang fantastis,” kata analis Briefing.com, Patrick O’Hare dikutip dari AFP.

“Kami telah memperkirakan banyak kabar baik dan bukan berita buruk,” kata kepala strategi pasar di National Securities di AS itu.

Sementara itu dibanding sesi sehari sebelumnya, S&P 500 mencatat pencapaian tertinggi sepanjang massa. Yakni naik 0,6% ke 3.756,07.

DJIA juga mencetak rekor baru, naik 0,7% ke 30.606,48. Sementara itu indeks kaya teknologi, Nasdaq Composite, juga ditutup naik 0,1% lebih tinggi ke 12.888,28.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

READ  "Crossover" listrik Nissan Ariya debut untuk China bulan ini

admin

Read Previous

Datangkan Crutchlow lalu Depak Lorenzo, Yamaha Optimis Sambut MotoGP 2021

Read Next

Lima daya tarik drama baru Im Siwan “Run On”

Tinggalkan Balasan