Bursa Diprediksi Masih Goyang Terus, Cermati Sentimen Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Pekan ini, pasar keuangan Indonesia cenderung bergerak bervariasi, di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan surat berharga negar (SBN) cukup cerah sepanjang pekan ini. Sedangkan untuk rupiah terpaksa kurang bergairah pada pekan ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan ini kembali, dengan melesat hingga 3,7% dari posisi akhir pekan lalu ke 6.065,17. Namun pada penutupan perdagangan Jumat (4/6/2021) IHSG ditutup melemah 0,43% dan gagal membentuk reli selama lima hari beruntun atau sepanjang pekan ini.

Data PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan investor asing mencatatkan pembelian bersih (net buy) sebesar Rp 2,85 triliun selama sepekan ini. Total nilai transaksi sepekan mencapai Rp 65 triliun, yang didapat dari perdagangan 106,7 miliar saham sebanyak lebih dari 5,7 juta kali.

Sementara itu, pergerakan imbal hasil (yield) pasar obligasi pemerintah (SBN) juga cukup positif, walaupun pada pekan ini terpantau bergerak bervariatif. Hanya SBN bertenor 10 tahun, 15 tahun, dan 25 tahun yang mengalami kenaikan yield.

Sementara itu, yield SBN acuan tenor 10 tahun pada pekan ini naik 3,5 basis poin (bp) ke level 6,44%, dari akhir pekan lalu di level 6,405%.

Adapun untuk rupiah pada pekan ini berbalik melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS), setelah sepekan lalu sempat menguat melawan dolar AS.

Mata Uang Garuda bertengger di level Rp 14.290 per dolar AS, atau melemah 0,07% sepekan ini, setelah pada akhir pekan lalu menguat 0,49% di angka Rp 14.280/dolar AS. Rupiah hanya mampu menguat tipis pada Senin dan bahkan stagnan pada Selasa dan Rabu.

Jika pasar saham dan obligasi cerah, sementara di pasar mata uang masih cenderung lesu pada pekan ini, bagaimanakah pasar keuangan dalam negeri pada pekan depan? Apa saja sentimen pada pekan depan, akankah membuat pasar keuangan nasional lebih baik dari pekan ini?

READ  Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, 25 Juli 2020

Simak sentimen pekan depan di halaman selanjutnya >>>

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

admin

Read Previous

Verstappen Kecelakaan, Sergio Perez Juarai F1 GP Azerbaijan

Read Next

Chrissy Teigen mundur dari serial “Never Have I Ever”

Tinggalkan Balasan