Bos BSI Klaim Bank Syariah Punya Daya Tahan Kuat Hadapi Krisis

Asaljeplak.my.id –Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi mengatakan bank syariah memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk menghadapi sebuah krisis termasuk krisis yang disebabkan pandemi Covid-19.

“Bank syariah ini masih punya peluang tumbuh dan ini cukup memiliki daya tahan terhadap krisis,” kata Hery dalam sebuah webinar bertajuk ‘Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah, Pasca Merger Bank Syariah BUMN’, Rabu (10/2/2021).

Hery memaparkan sejumlah keunggulan bank syariah yang tetap tumbuh positif dibandingkan dengan bank konvensional saat pandemi ini. Seperti pertumbuhan aset, kata Hery, perbankan syariah tumbuh 13,36 persen setiap tahun, angka ini jauh lebih baik jika dengan bank konvensional yang tumbuhnya hanya 7,18 persen.

Tak sampai disitu, lanjutnya, soal penyaluran pembiayaan bank syariah pada tahun lalu tumbuh 9,16 persen. Sedangkan bank konvensional mengalami kontraksi hingga -2,02 persen.

Baca Juga:
Bos OJK Ibaratkan Bank Syariah Indonesia Bayi Raksasa yang Baru Lahir

Begitu juga pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), meski keduanya tumbuh positif, namun bank syariah lebih tinggi yaitu 13,52 persen dibandingkan bank konvensional yang tumbuh 11,24 persen.

“Ini adalah kondisi saat ini dan kita punya secercah harapan,” tuturnya.

Hery menambahkan per Desember 2020, BSI memiliki kinerja yang solid ditunjukkan aset mencapai Rp239,73 triliun, dana pihak ketiga mencapai Rp209,90 triliun, pembiayaan mencapai Rp156,52 triliun dengan laba bersih mencapai Rp2,19 triliun.

BSI, kata dia, akan melakukan strategi dengan menumbuhkan segmen UMKM dalam ekosistem dan rantai nilai terintegrasi, melayani segmen ritel dengan layanan syariah dan pengembangan segmen wholesale termasuk pengembangan bisnis global.

Pihaknya akan mengejar peningkatan kompetensi sumber daya manusia, literasi dan inklusi keuangan syariah. Kemudian memperkuat infrastruktur digital, serta memilih pertumbuhan pada sektor dan segmen yang sehat.

READ  Ini Tips & Trik Belajar-Mengajar Daring Menyenangkan dari BRI

Baca Juga:
Ketua DK OJK Ungkap Tantangan Industri Keuangan Syariah RI

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Pemprov DKI gandeng Hino latih tim uji kendaraan

Read Next

Paripurna DPR setujui susunan keanggotaan Pansus RUU Otsus Papua

Tinggalkan Balasan