arti-huruf-e-pada-indikator-bahan-bakar-motor-mobil

Wajib Tahu, Ini Arti Huruf E Pada Indikator Bahan Bakar Motor Mobil

Tentu saja keberadaan dari indikator bahan bakar memiliki fungsi yang sangat vital untuk pengguna kendaraan bermotor di dunia.

Dimana indikator kendaraan bermotor sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1986 oleh ilmuwan bernama Jim Moylan. 3 tahun berselang, indikator bahan bakar baru diterapkan di mobil pada sekitar tahun 1989.

Cara kerja dari indikator bahan bakar sendiri adalah berjalan dengan menggunakan sensor pelampung yang terdapat di dalam bahan bakar.

Kemudian dari sensor pelampung tersebut, indikator akan memvisualisasikan sisa atau kapasitas bahan bakar yang ada di dalam kendaraan untuk muncul di dalam dashboard kendaraan.

Ada hal unik dari indikator bahan bakar di kendaraan, dimana salah satunya adalah terdapat huruf E yang ada pada indikator kendaraan bermotor.

Dimana tanda atau huruf E yang terdapat di indikator bahan bakar ini tidak hanya menjadi pajangan saja.

Namun walaupun tidak menjadi pajangan saja, masih ada banyak masyarakat yang tidak tahu makna atau arti dari huruf E yang ada di indikator bahan bakar kendaraan.

Mungkin sebagian besar masyarakat kita mengartikan jika huruf E yang ada pada indikator kendaraan bermotor tersebut berarti “Empty”, atau kosong. Sedangkan untuk indikator huruf F yang ada pada indikator kendaraan bermotor tersebut berarti Full atau penuh.

Namun apakah benar huruf E yang ada di indikator kendaraan bermotor tersebut sebagai simbol dari bahasa Inggris Empty?

Nah untuk persepsi yang satu ini bisa dibilang kurang tepat. Untuk itu, agar bisa tahu apa arti huruf E yang ada di indikator kendaraan bermotor.

Berikut pada postingan kali ini sudah saya tuliskan secara lengkap untuk anda.

Apakah Arti Huruf E Pada Indikator Bahan Bakar Motor Mobil?

Indikator huruf E yang ada di dashboard kendaraan sebenarnya tidak menjadi simbol bahwa kapasitas bahan bakar sudah benar-benar kosong.

BACA JUGA:  Apa itu Router ? Definisi dan Penjelasannya

Melainkan masih ada beberapa persen sisa bahan bakar yang tersimpan di dalam tangki bensin. Paling tidak masih ada 10 hingga 15% kapasitas bahan bakar di dalam tangki bensin.

Misalnya saja kapasitas penuh tangki bensin dari kendaraan anda adalah 10 liter, maka jika indikator bahan bakar sudah menunjukan huruf E, kemungkinan besar isi dari tangki bensin kendaraan bermotor anda tersebut masih tersisa sekitar 1 liter atau 1,5 liter.

Belum lagi ditambah biasa nya di kendaraan entah itu mobil atau motor, ada fitur reservoir atau RES yang akan berisi bahan bakar cadangans elain yang ada di dalam tangki.

Oleh sebab itu, walaupun indikator bahan bakar sudah menunjukan huruf E, namun kendaraan masih bisa bernyala dengan normal.

Berapa Jarak Yang Bisa Ditempuh Saat Indikator Bensin Sudah Berada Di Huruf E?

Mungkin karena alasan waktu, ada banyak pengendara motor dan mobil yang merasa tidak mau mengisi bahan bakar bensin dari kendaraan mereka walaupun indikator bahan bakar sudah menunjukkan huruf E.

Endingnya sudah bisa ditebak, jika kendaraan akan mogok di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar atau bensin.

Selain itu, mungkin pengendara tidak bisa mengisi bahan bakar karena memang sedang jauh dari SPBU.

Mungkin jika anda menggunakan kendaraan motor lama yang masih menggunakan teknologi karbu, masih ada cadangan bahan bakar yang disimpan di dalam reservoir.

Jadi ketika bahan bakar habis, pengguna bisa memindahkan posisi keran dari reservoir tersebut untuk digunakan.

Namun berbeda dengan motor yang sudah menggunakan sistem injeksi, dimana sistem injeksi tersebut memaksa untuk menghilangkan sistem reservoir yang biasannya digunakan untuk menyimpan cadangan bahan bakar.

BACA JUGA:  Apa Saja Kelebihan Produk dari Suzuki? Simak di Bawah Ini

Selain itu di motor injeksi juga tidak ada pemakaian keran, jadi bahan bakar langsung disedot dari tangki bahan bakar.

Untuk motor matik sendiri, apabila indikator bensin sudah berkedip perkiraan sisa bensin yang ada di dalam tangki bahan bakar mungkin masih tersisa 0,6 liter.

Sedangkan untuk motor sport atau naked bike mungkin masih tersisa 1 liter.

Nah itulah informasi tentang arti huruf E yang ada di indikator bahan bakar motor dan juga mobil.

Jika misalkan kendaraan Anda ingin melakukan perawatan maupun perbaikan maka ada baiknya untuk membawanya ke bengkel resmi cabang Suzuki dengan mengunjungi website di bawah ini.

Suzuki Mahkota : https://suzukimahkota.co.id/

Suzuki Aceh : https://suzukiaceh.co.id/

Suzuki Arista : https://suzukiarista.com/

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top