Profil dan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Profil dan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Berikut ini adalah Harga Tiket Masuk Candi Prambanan yang diharapkan bisa berguna serta menambah informasi yang diperlukan terkait hal tersebut.

Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata andalan masyarakat kota Jogja maupun dari luar kota. Letaknya tidak begitu jauh dengan Candi Borobudur dan hanya 17 km dari pusat kota Jogja. Selain itu, harga tiket masuk candi prambanan juga tidak jauh berbeda dengan Candi Borobudur.

Candi Prambanan merupakan salah satu mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Wilayah Candi Prambanan memiliki luas sekitar 39,8 hektar, anda bisa mengelilingi komplek candi dengan berjalan kaki sembari mengagumi mahakarya orang-orang Hindu jaman dahulu. Harga tiket masuk Candi Prambanan pun tergolong murah.

Terdapat 3 candi di halaman utama Candi Prambanan, yaitu candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Dari ketiga candi tersebut dilambangkan sebagai trimurti dalam kepercayaan Hindu. Candi Prambanan sendiri memiliki total 240 candi, baik kecil maupun besar.

Jam Operasional Candi Prambanan

Taman wisata candi ini dibuka dari pagi pukul 08.00 sampai sore hari setiap hari.

Jam Buka Candi Prambanan
Loket Tiket 08.00 – 14.30 WIB
Jam Buka Zona 1 (Pelataran Candi) 08.00 – 15.00 WIB

Oleh-oleh Khas Candi Prambanan

Ada satu yang menarik, jika anda datang saat musim kemarau, anda bisa menikmati pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang dihiasi oleh lampu lampu. Pertunjukan ini bisa disaksikan mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB. Jika musim hujan, pertunjukan  akan dipindahkan ke panggung tertutup.

BACA JUGA:  Profil dan Harga Tiket Curug Hordeng

Fasilitas

1. Tempat Parkir

Jika anda datang membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir karena pengelola menyediakan lahan parkir yang luas dan aman untuk pelanggan. Lahan parkir menyediakan tempat berupa motor, mobil, dan bus.

2. Tempat Ibadah

Jika anda seorang muslim dan datang berkunjung ke Candi Prambanan, maka anda tak perlu khawatir dan takut akan terhambatnya ibadah. Candi Prambanan memiliki Masjid yang cukup besar untuk menampung wisatawan muslim yang datang berkunjung ke candi ini.

Lokasi

Alamat: Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: Candi Prambanan buka setiap hari, Senin-Minggu, Weekdays ataupun Weekend dan tidak mengenal hari libur nasional. Loket masuk candi dibuka pada pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Wisatawan Lokal

Harga Tiket Candi Prambanan
Tiket Dewasa (10 tahun keatas) Rp50.000
Tiket Anak (Usia 3-10 tahun) Rp25.000
Tarif khusus rombongan pelajar >20 orang Rp25.000
Tiket Terusan Prambanan-Borobudur Dewasa Rp75.000
Tiket Terusan Prambanan-Borobudur Anak (3-10 Tahun) Rp35.000
Tiket Terusan Prambanan-Ratu Boko Dewasa Rp75.000
Tiket Terusan Prambanan-Ratu Boko Anak (3-10 Tahun) Rp35.000
Tiket Terusan Prambanan-Plaosan-Sojiwan Dewasa Rp75.000
Tiket Terusan Prambanan-Plaosan-Sojiwan Anak (3-10 Tahun) Rp35.000

Wisatawan Asing 

Kategori Harga
Dewasa $18
Anak-Anak $9

Luasnya area candi prambanan akan membuat anda lelah setelah mengelilingi kawasan tersebut, apalagi jika anda berkunjung di siang hari dengan teriknya matahari.

Untuk itu berkunjunglah saat pagi atau sore hari, gunakan alas kaki yang nyaman, sunglass dan bawa barang seminim mungkin, jika terpaksa mengunjungi saat siang, bawalah payung untuk menghindari teriknya matahari.

Scroll to Top