Saat Windows 95 Mengguncang Industri Komputer Rumahan

Saat Windows 95 Mengguncang Industri Komputer Rumahan

Pada 24 Agustus 1995, Bill Gates secara resmi merilis Windows 95, sistem operasi yang mudah digunakan yang mengubah cara dunia menggunakan komputer pribadi. Dan belum pernah ada pesta peluncuran seperti ini. Mari kita lihat kembali kampanye pemasaran senilai $300 juta dolar.

Microsoft dikabarkan telah membayar Rolling Stones hingga 12 juta dolar untuk menggunakan lagu Start Me Up untuk kampanye iklan ikonik yang menyoroti tombol mulai sistem dan memiliki tag line: Mulai menjelajah, mulai belajar, mulai terhubung, mulai mengatur, mulai membuat, dan mulai bermain.

Lagu tersebut juga digunakan pada acara peluncuran. Kamu harus melihat video Bill Gates yang tampak canggung dan presiden Microsoft Steve Ballmer menari di atas panggung saat lagu Rolling Stones diputar di sound system pada video ini.

Acara peluncuran diadakan di kampus Microsoft yang luas di Redmond, Washington dengan dihadiri hingga 10 ribu orang, termasuk 500 anggota media dan 2 ribu petinggi dari industri komputer. Itu seperti sirkus dengan permainan, kios makanan, dan kincir ria setinggi 18 meter. Komedian Jay Leno hadir untuk menghibur penonton sebelum peluncuran resmi.

Ketika Bill Gates naik ke panggung, lebih dari 70.000 orang menonton di feed TV satelit saat ia menjelaskan pentingnya Windows 95.

Kampanye pemasaran juga termasuk rilis sitkom dunia maya yang merupakan bagian dari panduan video instruksional yang menjelaskan fitur-fitur sistem operasi baru. Jennifer Aniston dan Matthew Perry, lebih dikenal saat itu sebagai Rachel dan Chandler dari Friends adalah bintang-bintang sitkom tersebut.

Pada hari peluncuran ada aksi publisitas di seluruh dunia. Gedung Empire State diterangi dengan warna Microsoft. Ini adalah pertama kalinya gedung pencakar langit tengara itu diterangi dengan warna-warna perusahaan. Di Toronto, spanduk Microsoft setinggi 90 meter digantung dari Menara CN saat seorang ahli penyelamat turun dari sisi menara dengan laptop di tangan dan ada tumpangan gratis ke menara yang dibayar oleh Microsoft.

BACA JUGA:  Smells Like Teen Spirit, Di Balik Kesuksesan Lagu 'Pop' Milik Nirvana

Microsoft juga dibayar untuk jangka mencetak dari The Times of London pada 24 Agustus th . Koran, yang memiliki iklan Windows di halaman depan, dibagikan secara gratis pada hari itu, menandai pertama kalinya The Times gratis dalam 307 tahun sejarahnya. Dan di Sydney, musisi dan penari berlayar dengan tongkang raksasa.

Kampanye pemasaran terbayar dengan ribuan orang berbaris di luar banyak toko elektronik yang mengadakan peluncuran tengah malam. Microsoft menjual 5 juta kopi Windows 95 hanya dalam 6 minggu. Kampanye pemasaran besar-besaran tidak hanya menjual perangkat lunak, itu membuat Microsoft menjadi terkenal seperti General Motors dan Ford dan melambungkan penari canggung Bill Gates menjadi sorotan internasional.

Scroll to Top