Site icon Asaljeplak.my.id

Ingin Memiliki Rambut Berkilau Tetapi Tidak Berminyak? Ikuti 6 Tips Berikut

Ingin Memiliki Rambut Berkilau Tetapi Tidak Berminyak? Ikuti 6 Tips Berikut

Ingin Memiliki Rambut Berkilau Tetapi Tidak Berminyak? Ikuti 6 Tips Berikut

Berikut ini adalah Ingin Miliki Rambut Berkilau Tapi Tidak Berminyak? Ikuti 6 Tips Berikut yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Rambut yang berkilau mewakili kesehatan dan vitalitas dan bahkan akan memancarkan pesona dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Tapi, jika Anda memiliki kulit dan rambut berminyak, menjadikan rambut supaya berkilau kemungkinan besar akan terdengar mengerikan.

Menurut pakar kecantikan yang telah 12 tahun menekuni bidang perawatan rambut, Monique Murphy, rambut yang berkilau alami dengan yang berkilau karena minyak adalah dua hal yang berbeda, dan rambut berkilau tidak selalu hanya didapatkan dengan cara pergi ke salon.

Berikut ini beberapa tips yang menurutnya bisa dicoba untuk mendapatkan rambut sehat berkilau secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Jangan mencuci rambut setiap hari

Meskipun tips ini akan membuat pemilik rambut berminyak mengernyitkan kening, tapi memang disarankan memberi jeda 1-2 hari saat mencuci rambut. Menurut Murphy, mencuci rambut setiap hari memang akan membersihkan minyak dari rambut, tapi itu juga memberi tanda pada kelenjar yang menghasilkan minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Karenanya, lebih disarankan menggunakan dry shampoo untuk menyerap minyak tanpa merangsang kelenjar untuk menghasilkan minyak lebih banyak.

2. Asupan protein yang cukup pada makanan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga adalah kunci utama dari rambut yang sehat berkilau. Protein dan zat besi dibutuhkan supaya rambut bisa tumbuh kuat. Apabila Anda merasa rambut tumbuh terlalu lama, coba konsultasikan dengan ahli gizi tentang porsi makanan berprotein yang tepat untuk dikonsumsi setiap harinya.

3. Rawat kutikel rambut

Kutikel adalah lapisan terluar dari rambut, yang berguna untuk menyerap kelembapan pada udara. Untuk menjaga kutikel supaya tidak tampak berminyak, cobalah mencuci rambut dengan air dingin dan gunakan pengering rambut yang tidak merusak kutikel, biasanya pengering yang berjenis keramik atau tourmaline.

4. Melindungi rambut

Rambut itu terbuat dari bahan yang sama seperti kulit ANda, yaitu keratin. Sama seperti kulit yang membutuhkan pelembap dan tabir surya, rambut Anda juga membutuhkan perlindungan dan perawatan yang sama.

Kelembapan udara dan sinar matahari yang terik adalah dua musuh terbesar rambut, karena bisa membuat rambut tampak kusam dan juga merusaknya. Karenanya, Anda perlu melindungi rambut menggunakan moisturizer supaya rambut tetap berkilau dan tidak nampak kusam.

5. Pilih produk berkualitas, bukan yang isinya banyak

Jangan hanya mencari dan membeli produk perawatan rambut yang asal isinya banyak dan harga murah saja, tapi pilihlah yang lebih terbukti kualitasnya meskipun isinya lebih sedikit. Karena, menurut Murphy, produk perawatan rambut yang baik itu tidak perlu digunakan banyak-banyak dan sedikit akan lebih baik.

6. Konsultasi dengan pakar

Tentunya setiap orang akan memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Untuk lebih mengenali kebutuhan perawatan apa yang diperlukan oleh rambut, konsultasikan dengan pakar perawatan rambut yang profesional supaya bisa diberikan ‘resep’ produk dan metode perawatan yang tepat untuk rambut Anda.

Exit mobile version