Site icon Asaljeplak.my.id

Gula Darah Tinggi Ternyata Mempengaruhi Intensitas Olahraga

Gula Darah Tinggi Ternyata Mempengaruhi Intensitas Olahraga

Gula Darah Tinggi Ternyata Mempengaruhi Intensitas Olahraga

Berikut ini adalah Gula Darah Tinggi Ternyata Mempengaruhi Intensitas Olahraga yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Olahraga yang teratur memberikan berbagai manfaat kesehatan, yang meningkat ketika seseorang meningkatkan kapasitas aerobiknya. Dokter merekomendasikan bentuk latihan ini untuk membantu mengendalikan diabetes, tapi penderita diabetes sering mengalami kesulitan meningkatkan kapasitas ini.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Joslin Diabetes Center, afiliasi dari Harvard Medical School, di Boston, MA, telah menerbitkan studi baru yang dapat menjelaskan alasannya.

Hiperglikemia, atau kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal, dapat cegah orang dari meningkatkan intensitas olahraga mereka sehingga akan sulit mendapatkan manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh jenis latihan ini.

Para peneliti telah mengamati efek latihan aerobik yang berkurang pada manusia dengan hiperglikemia kronis ketika kadar gula darah berada dalam kisaran prediabetes, serta dalam model tikus.

Sarah Lessard adalah peneliti senior studi ini, yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Metabolism.

“Gagasan di balik penelitian ini adalah untuk melihat: Jika kita mendorong gula darah tinggi pada tikus, apakah kita akan merusak kemampuan mereka untuk meningkatkan kebugaran aerobik mereka?” kata Prof. Lessard.

Dalam merancang penelitian ini, para peneliti memiliki harapan untuk belajar lebih banyak tentang mekanisme di balik efek potensial ini, dalam upaya untuk menemukan cara-cara baru untuk membantu orang dengan hiperglikemia meningkatkan tingkat kebugaran mereka.

Awalnya, Prof. Lessard dan rekannya meningkatkan kadar gula darah pada dua kelompok tikus:

– Kelompok pertama menerima diet yang tinggi lemak jenuh dan gula. Tikus jadi hiperglikemik dan bertambah berat badan.

– Kelompok kedua mengkonsumsi makanan dengan sedikit gula dan lemak dan tidak menambah berat badan. Namun, tikus ini memperoleh hiperglikemia akibat modifikasi yang menyebabkan mereka memproduksi lebih sedikit insulin.

Tikus-tikus di kedua kelompok lakukan pekerjaan yang sama, yaitu berlari sekitar 500 kilometer selama penelitian.

Namun, dibandingkan dengan kelompok yang memiliki kadar gula darah lebih rendah, kedua kelompok tikus hiperglikemia gagal mendapatkan kapasitas aerobik yang signifikan.

Fakta bahwa kedua kelompok memperlihatkan kondisi tertentu menunjukkan bahwa efeknya mengenai dengan gula darah, bukan obesitas atau efek insulin.

Menurut Prof. Lessard, jaringan otot biasanya berubah akibat latihan aerobik, dan serat otot jadi lebih efisien dalam menggunakan oksigen. “Kami juga menumbuhkan pembuluh darah baru,” kata Prof Lessard, “untuk memungkinkan lebih banyak oksigen dikirim ke otot, yang membantu meningkatkan tingkat kebugaran aerobik kami.”

Namun, para peneliti tidak melihat adaptasi otot seperti itu pada tikus hiperglikemik.

Mereka berpendapat bahwa kadar gula yang tinggi mengganggu perombakan otot dengan mengubah protein di ruang antara sel-sel otot, tempat pembuluh darah baru biasanya terbentuk.

Para penulis penelitian menambahkan bahwa faktor lain yang mungkin adalah tidak berfungsinya jalur c-Jun N-terminal kinase (JNK). Jalur pensinyalan ini dapat bertindak sebagai saklar molekuler yang memprogram otot untuk bereaksi terhadap jenis latihan tertentu.

Dalam penelitian sebelumnya menggunakan tikus hiperglikemik, Prof. Lessard menemukan bahwa jalur JNK mungkin salah. Dia memutuskan bahwa “Otot-otot hewan hiperglikemik memiliki serat yang lebih besar dan lebih sedikit pembuluh darah, yang lebih khas dari latihan kekuatan, daripada pelatihan aerobik.”

Exit mobile version