apa-itu-router-wifi

Apa itu Router Wifi ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Router Wifi? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Router Wifi dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu router wifi supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Router Wifi

Router Wifi adalah sebuah perangkat jaringan yang memungkinkan Anda menghubungkan komputer dan peralatan lainnya ke internet melalui jaringan Wi-Fi. Router Wi-Fi membuat jaringan Wi-Fi dalam rumah Anda, yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lainnya yang terhubung ke jaringan.

Fungsi dan Kegunaan Router Wifi

Router Wifi biasanya terdiri dari satu perangkat yang terhubung langsung ke modem internet Anda dan memancarkan jaringan Wi-Fi di seluruh area. Beberapa jenis router bisa dikonfigurasi untuk memancarkan sinyal Wi-Fi dengan luas atau terbatas sesuai kebutuhan. Sebagian besar router juga memiliki fitur tambahan seperti port Ethernet, jaringan nirkabel sisi-ke-sisi, firewall, dll.

Router Wifi biasanya memiliki beberapa port fisik, biasanya dua sampai empat port. Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat lain seperti komputer, laptop, printer, dll. Ke router. Dengan menghubungkan perangkat lain ke router, Anda dapat terhubung ke jaringan wifi dan berbagi koneksi internet yang sama.

Router Wifi juga dapat dikonfigurasi untuk melindungi jaringan dengan menggunakan enkripsi dan filter akses. Enkripsi membungkus data yang dikirim sehingga hanya orang yang memiliki kata sandi yang dapat membuka dan membaca data itu. Filter akses memungkinkan Anda untuk mengatur akses jaringan, termasuk siapa yang dapat mengakses jaringan dan situs mana yang boleh diakses.

BACA JUGA:  Apa itu NFT? Definisi dan Penjelasannya

Dengan demikian, Router Wifi adalah perangkat yang sangat berguna karena memungkinkan Anda menghubungkan perangkat lain ke internet tanpa harus menyambung satu per satu menggunakan kabel ke modem internet.

Jenis Router Wifi

Saat ini tersedia dua jenis router Wifi di pasaran, yaitu router wifi konvensional yang hanya bisa menawarkan satu jaringan wifi dan satu jenis cakupan area, serta router wifi mesh yang mana bisa terhubung dengan router wifi mesh lainnya yang kompatibel sehingga jangkauan sinyal wifi bisa menjadi lebih luas.

Biasanya router wifi mesh dijual dalam paket beberapa unit router sekaligus, yang mana masing-masing router bisa saling terhubung dan “berkomunikasi”, sementara router wifi konvensional hanya dijual dalam paket satu unit saja.

Unit router wifi mesh bisa diletakkan di beberapa lokasi strategis di dalam rumah, kantor, atau bangunan, sehingga setiap area bisa terjangkau koneksi internet melalui hotspot wifi.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu router wifi yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Scroll to Top