Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Fibrilasi Ventrikel ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Fibrilasi Ventrikel ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Fibrilasi Ventrikel? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi ventrikel adalah gangguan irama jantung berupa kondisi denyut jantung yang cepat dengan aktivitas listrik yang tidak menentu. Hal ini mengakibatkan ruang pompa jantung hanya bergetar dan tidak memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Terkadang dipicu oleh serangan jantung, fibrilasi ventrikel menyebabkan tekanan darah turun drastis dan mengakibatkan pasokan darah ke organ-organ vital pun terputus.

Fibrilasi ventrikel adalah kondisi gawat darurat yang membutuhkan penanganan medis segera, karena penderitanya dapat kehilangan kesadaran dalam hitungan detik. Kondisi ini bahkan jadi salah satu penyebab kematian yang cukup sering akibat penyakit jantung.

Penanganan gawat darurat untuk fibrilasi ventrikel mencakup resusitasi jantung paru (RJP) dan penggunaan defibrilator (alat perangsang detak jantung dengan listrik tegangan tinggi) sesuai algoritma yang ada. Seseorang yang berisiko mengalami fibrilasi ventrikel biasanya perlu menjalani pengobatan dan penggunaan alat implan yang dapat mengembalikan irama jantung jadi normal.

Penyakit Fibrilasi Ventrikel (Nuno Monteiro/Shutterstock)

Penyebab Fibrilasi Ventrikel

Penyebab dari fibrilasi ventrikel tidak selalu diketahui. Salah satu penyebab tersering adalah gangguan arus listrik yang berlangsung pada jantung setelah seseorang mengalami serangan jantung pada waktu sebelumnya. Atau, bisa juga karena masalah lain yang menyebabkan pembentukan jaringan parut pada otot jantung akibat serangan jantung sebelumnya.

Terkadang, fibrilasi ventrikel juga dapat diawali dengan denyut jantung yang sangat cepat, yang dikenal dengan istilah takikardia ventrikel. Pemompaan jantung yang cepat Namun terus terjadi ini disebabkan oleh adanya arus listrik abnormal yang diawali di ventrikel. Sebagian besar kasus fibrilasi ventrikel mengenai dengan adanya gangguan jantung yang pernah terjadi sebelumnya.

Gejala Fibrilasi Ventrikel

Hilangnya kesadaran adalah salah satu tanda fibrilasi ventrikel yang paling sering terjadi. Kondisi takikardia ventrikel, yang adalah denyut jantung yang sangat cepat akibat aktivitas listrik abnormal pada ventrikel jantung, juga dapat menyebabkan terjadinya fibrilasi ventrikel.

Beberapa tanda dan gejala dari takikardia ventrikel adalah:

Faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami fibrilasi ventrikel adalah:

Diagnosis Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi ventrikel adalah kondisi gawat darurat. Dokter dapat mengetahui bahwa seseorang mengalami fibrilasi ventrikel dari berbagai pemeriksaan berikut:

Untuk memastikan penyebab fibrilasi ventrikel, ada beberapa pemeriksaan tambahan yang biasanya dilakukan, seperti:

Penanganan Fibrilasi Ventrikel

Penanganan gawat darurat pada fibrilasi ventrikel bertujuan untuk mengembalikan aliran darah ke seluruh tubuh sedini mungkin untuk cegah adanya kerusakan pada otak dan organ lainnya. Setelah aliran darah ke jantung kembali normal, bila dibutuhkan, terdapat beberapa pilihan penanganan yang dapat dilakukan guna cegah berulangnya episode fibrilasi ventrikel.

Penanganan gawat darurat untuk fibrilasi ventrikel adalah:

Pencegahan Fibrilasi Ventrikel

Bila dokter mendapati bahwa fibrilasi ventrikel yang Anda alami disebabkan oleh perubahan struktur jantung, dokter akan menyarankan untuk menjalani pengobatan atau prosedur medis untuk mengurangi risiko terjadinya fibrilasi ventrikel di masa mendatang.  Misalnya akibat jaringan parut setelah serangan jantung.

Beberapa pilihan pengobatan untuk cegah berulangnya fibrilasi ventrikel adalah:

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Fibrilasi Ventrikel untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version