Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Ensefalopati ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Ensefalopati ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Ensefalopati? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Ensefalopati

Ensefalopati adalah istilah umum untuk penyakit yang memengaruhi fungsi atau struktur dari otak. Banyak tipe dari ensefalopati dan penyakit otak. Pada beberapa tipe, ada yang bersifat permanen dan ada yang hanya sementara. Selain itu, pada ada beberapa tipe yang muncul semenjak lahir dan tidak pernah berubah.

Umumnya penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Meski demikian, penanganan sedini mungkin dan tepat dapat membantu mengendalikan gejala dan cegah kondisi penderitanya semakin memburuk.

Ensefalopati

Penyebab Ensefalopati

Penyebab dari ensefalopati tergantung dari tipe esefalopati, seperti:

Diagnosis Ensefalopati

Dokter akan terlebih dahulu mencari tahu mengenai riwayat penyakit dan gejala penyakit ensefalopati yang muncul. Pemeriksaan fisik juga dilakukan untuk memeriksa gejala baik mental maupun neurologis.

Pemeriksaan penunjang akan dikerjakan jika dokter mencurigai adanya penyakit otak. Tes darah untuk mendeteksi adanya penyakit, bakteri, virus, racun, ketidakseimbangan hormon atau kimia dan prion. Pemeriksaan cairan spinal mungkin dilakukan untuk mencari tahu adanya penyakit, bakteri, virus, racun, dan prion. CT scan dan MRI dilakukan untuk mendeteksi adanya abnormalitas atau kerusakan otak. Electroencephalogram atau EEG dilakukan untuk memeriksa aktivitas listrik dari otak.

Gejala   Ensefalopati

Gejala ensefalopati bervariasi tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Secara umum gejala dapat berupa:

Pengobatan Ensefalopati

Penanganan ensefalopati bervariasi, tergantung dari penyebabnya. Pengobatan yag dilakukan meliputi penggunaan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan obat-obatan atau pembedahan untuk mengobati penyebab.

Beberapa suplemen nutrisi dapat memperlambat proses kerusakan otak. Adapun diet khusus diperlukan untuk mengobati penyebab seperti ketidakseimbangan elektrolit. Dukungan oksigen juga diberikan pada otak yang tidak mendapatkan cukup oksigen.

Pencegahan  Ensefalopati

Beberapa tipe ensefalopati tidak bisa dicegah, seperti ensefalopati yang diturunkan dalam keluarga. Walau begitu beberapa penyebab lain dapat dicegah, misalnya:

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Ensefalopati untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version