Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Difteri ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Difteri ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Difteri? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Difteri

Difteri adalah penyakit infeksi akut yang sangat menular dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Difteri biasanya terjadi pada tenggorokan, hidung, terkadang pada kulit dan telinga.

Komplikasi

Jika difteri tidak segera diatasi, komplikasi yang mungkin bisa terjadi adalah:

Difteri

Diagnosis Difteri

Diagnosis difteri dapat melalui wawancara pasien dan pemeriksaan fisik. Cara yang lebih akurat untuk mengetahui penyakit ini adalah dengan identifikasi menggunakan flourescent antibody technique, yakni menambahkan pewarna ke jaringan yang ingin diperiksa. Jika terdapat racun atau bakteri, maka dalam jaringan tersebut akan timbul warna yang bersinar.

Gejala Difteri

Gejala yang timbul pada penderita difteri tergantung di mana bakteri tersebut berkembang biak. Difteri sendiri dikenal dengan empat tipe:

Pengobatan Difteri

Secara umum, pasien difteri sebaiknya diisolasi sampai masa akut terlampaui, yakni biasanya sampai 2-3 minggu. Dalam masa isolasi ini, pasien harus beristirahat dengan berbaring, mencukupi kebutuhan cairan, menerapkan diet yang sesuai dengan petunjuk dokter, dan menjaga supaya napas tetap bebas.

Pasien juga akan diberikan antitoksin anti-diphtheria serum (ADS) yang diberikan segera setelah terbukti terjangkit. Steroid diberikan bila terdapat gejala sesak pada saluran napas. Selain itu, pasien disarankan untuk tidak dirawat di rumah supaya tidak menularkan pada orang lain.

Setelah pulih dari difteri, Anda harus lakukan vaksin difteri secara penuh untuk cegah kekambuhan. Pernah menderita difteri tidak menjamin Anda akan memiliki kekebalan seumur hidup. Anda bisa mengalami difteri lebih dari sekali jika tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

Pencegahan
Difteri dapat dicegah dengan pemberian imunisasi DPT (difteri, pertusis, dan tetanus). Imunisasi ini diberikan sebanyak lima kali semenjak anak berusia dua bulan hingga enam tahun.

Ada beberapa efek samping dari imunisasi ini. Beberapa anak akan mengalami demam ringan, rewel, nampak lemah, dan bengkak pada area bekas suntikan. Tanyakan pada dokter mengenai hal yang perlu Anda lakukan untuk meminimalkan efek samping ini.

Penyebab Difteri

Difteri disebabkan oleh bakteri berbentuk batang yang bernama Corynebacterium diphtheria. Bakteri ini menyebar melalui tiga rute:

Selain itu, Anda juga bisa terkena difteri apabila menyentuh luka orang yang telah terinfeksi.

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Difteri untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version