Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Dermatitis Seboroik ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Dermatitis Seboroik ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Dermatitis Seboroik? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit kronis berupa kulit yang kering, mengelupas, dan merah. Penyakit ini umum terjadi dan penampakannya mirip dan berhubungan dengan gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Penyakit ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Namun biasanya cukup sering terjadi pada area kulit yang banyak mengandung banyak kelenjar sebum (minyak) seperti kulit kepala, wajah, dada dan punggung.

Penyakit ini tidak menular dan tidak memengaruhi kondisi kesehatan secara umum. Namun, dermatitis ini memengaruhi penampilan dan rasa gatalnya sering menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman  bagi penderita.

Terdapat dua bentuk dermatitis seboroik, yaitu pada infantil (bayi) dan orang dewasa. Pada bayi, masalah ini sering terjadi di bawah usia 3 bulan dan akan sembuh dengan sendirinya sekitar usia 6–12 bulan. Dermatitis seboroik dewasa biasanya mulai muncul pada akhir masa remaja. Gangguan ini juga lebih sering menyerang orang dewasa muda dan lanjut usia, juga lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Diagnosis Dermatitis Seboroik

PenentuaN diagnosis dermatitis seboroik ditetapkan dari penampakannya yang berupa ruam-ruam yang muncul. Pemeriksaan sampel serpihan kulit seringkali tidak cukup untuk menentukan diagnosis karena akan didapati jamur malassezia, yang adalah flora normal kulit.

Biopsi kulit dapat membantu Namun sangat jarang diperlukan. Kultur jamur juga dapat dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan infeksi akibat jamur seperti infeksi tinea capitis.

Dermatitis Seboroik

Gejala Dermatitis Seboroik

Ada beberapa gejala dermatitis seboroik infantile yang dapat dikenali, yaitu:

Sedangkan gejala dermatitis seboroik dewasa yaitu:

Pengobatan Dermatitis Seboroik

Terkadang penyakit dermatitis seboroik dapat sembuh sendiri. Hal yang diperlukan pada kondisi dermatitis ini adalah perawatan kulit yang baik. Biasanya akan dilakukan beberapa pilihan berikut:

Pengobatan ketombe meliputi:

Penyebab Dermatitis Seboroik

Penyebab pasti dari dermatitis seboroik masih belum diketahui. Namun ada beberapa faktor yang berhubungan dengan penyakit tersebut, yaitu:

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Dermatitis Seboroik untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version