Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Demam ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Demam ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Demam? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Demam

Demam

Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh di atas rata-rata suhu harian.

Orang dewasa dianggap demam apabila pengukuran suhu oral (diukur lewat mulut) di atas 38oC, atau suhu rektal (diukur melalui anus) maupun telinga di atas 38,3oC. Akan tapi hal ini seringkali baru jadi perhatian jika suhu telah mencapai > 39,4oC.

Sementara itu, anak dan balita dianggap demam apabila suhu rektalnya > 38oC. Suhu tubuh yang meningkat meskipun sedikit dapat adalah tanda dari infeksi yang serius.

Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit yang mendasari. Banyak ahli yang mengatakan bahwa demam adalah mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Karena itu, orang pada segala usia dapat mengalaminya.

Komplikasi yang dapat timbul akibat demam adalah dehidrasi berat, halusinasi, dan kejang demam (pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun).

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Demam dan Berbagai Penyebabnya

Penyebab Demam

Demam memang mudah diukur, tapi menentukan penyebabnya tergolong sulit. Umumnya, kondisi ini adalah respons terhadap:

Dokter kemungkinan akan menyarankan pemeriksaan darah, urine, atau rontgen dada untuk menentukan penyebab demam.

Gejala Demam

Tergantung penyebabnya, beberapa gejala dan tanda yang dapat menyertai demam adalah:

Demam tinggi yang berkisar antara 39,4–41,1oC dapat menyebabkan halusinasi, disorientasi, kejang, gelisah, hingga syok akibat dehidrasi.

Artikel Lainnya: Ini Alasan Anda Bisa Demam karena Luka

Diagnosis Demam

Untuk mengetahui seseorang demam atau tidak, perlu dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Suhu tubuh umumnya diukur pada mulut (oral), anus (rektal), telinga, ketiak, dan dahi. Hasil yang didapat bervariasi, tergantung dari lokasi pengukuran suhu.

Berikut adalah perbandingannya secara umum:

Pengukuran melalui ketiak, telinga, dan dahi lebih mudah dilakukan daripada melalui anus dan mulut, tapi hasilnya kurang akurat. Pada bayi dan balita dianjurkan untuk mengukur suhu rektal atau oral.

Di kala sehat, ukurlah suhu tubuh pada pagi dan malam hari. Ini akan membantu seseorang mengetahui berapa rata-rata suhu basalnya (suhu terendah yang normal), sehingga bila ada sedikit peningkatan dapat jadi tanda adanya sesuatu dalam tubuh. Suhu tubuh normal dapat bervariasi, kurang lebih 0,6oC dalam sehari.

Untuk mendapatkan hasil pengukuran suhu tubuh yang akurat, sebelum lakukan pengukuran sebaiknya menunggu paling sedikit 20–30 menit setelah merokok, makan, atau konsumsi minuman panas ataupun dingin, dan paling tidak 1 jam setelah berolahraga atau mandi air panas.

Artikel Lainnya: Tidak Boleh Mandi Saat Demam, Mitos atau Fakta?

Pengobatan Demam

Penanganan demam yang spesifik sangat bergantung pada penyebab dan usia penderitanya. Tidak semua demam perlu diatasi, karena ini adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh.

Demam juga sebenarnya diperlukan, karena suhu tubuh yang meningkat akan memperbanyak jumlah zat pertahanan tubuh sehingga bakteri dan virus sulit berkembang biak.

Penanganan demam di rumah

Penanganan demam di rumah dapat dilakukan dengan:

Demam kerap menyebabkan rasa tidak nyaman, terutama pada anak-anak. Karena itu, obat penurun panas seperti parasetamol dapat digunakan. Perlu diingat bahwa obat ini hanya mengatasi gejala demam, bukan dimaksudkan untuk mengatasi penyakit yang mendasari.

Penggunaan obat penurun panas umumnya kurang disarankan pada demam yang ringan (< 38,3oC), karena dapat menyamarkan gejala suatu penyakit dan mempersulit penentuan penyebab demam.

Kapan harus ke dokter

Demam pada anak dan balita kemungkinan bukan disebabkan oleh penyakit yang serius bila kondisi umum anak masih baik. Tanda-tanda kondisi anak masih baik, di antaranya:

Pada orang dewasa, segera temui dokter khususnya bila terdapat demam dan:

Kondisi-kondisi berikut juga memerlukan pemeriksaan dokter dengan segera:

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Demam bagi Ibu Hamil

Pencegahan Demam

Demam dapat dicegah dengan mengurangi paparan terhadap penyebab infeksi. Berikut tindakan yang dapat dilakukan:

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Demam untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version