Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency) ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency) ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD) adalah suatu jenis penyakit genetik yang diturunkan. G6PD itu senditi adalah enzim yang berfungsi untuk memastikan proses oksidasi dan jangka hidup sel darah merah (eritrosit) normal. 

Pada kondisi defisiensi G6PD, terjadi pemecahan sel darah merah (hemolysis) sebelum waktunya sehingga dapat terjadi anemia.

Penyebab Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD) disebabkan oleh kelainan genetik. Penyakit ini diturunkan dari orang tua secara X-linked. Artinya, biasanya ibu jadi karier penyakit (membawa gen penyakit Walau begitu tidak menunjukkan gejala) dan menurunkannya pada anaknya.

Pada anak laki-laki, umumnya akan menampakkan gejala tertentu. Sementara pada anak perempuan umumnya akan jadi karier penyakit ini kembali.

Defisiensi Glukosa-6-Fosfat  Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Diagnosis Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Dokter bisa menduga adanya penyakit defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD) dan akan lakukan evaluasi lebih lanjut bila nampak:

Untuk memastikan diagnosis, dapat dilakukan beberapa langkah pemeriksaan, seperti:

Gejala Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Banyak penderita defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD) yang tidak menunjukkan gejala berarti. Bila gejala muncul, hal ini lebih dikaitkan dengan hemolysis yang menyebabkan anemia atau kondisi kurang darah yang membuat seseorang pucat, lemah, lelah, dan lesu.

Hemolitik anemia ini pun umumnya dipicu oleh infeksi (bakteri atau virus), konsumsi obat tertentu, dan konsumsi tanaman fava (tanaman sayur yang berupa polong-polongan).

Gejala lain yang dapat muncul antara lain:

Pengobatan Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Penyakit defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD)tidak dapat disembuhkan. Hal yang dapat dilakukan adalah menghindari pemicu hemolisis untuk cegah penghancuran sel darah merah.

Pencegahan Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency)

Penderita defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD) sebaiknya menghindari konsumsi:

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Defisiensi Glukosa-6-Fosfat Dehidrogenase (G6PD Deficiency) untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version