Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Deep Vein Thrombosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Deep Vein Thrombosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Deep Vein Thrombosis? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Deep Vein Thrombosis

Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah pembentukan pembekuan darah (thrombus) pada pembuluh darah vena dalam. Lokasi tempat DVT sering ditemukan adalah pembuluh vena pada paha atau kaki, meskipun bisa ditemukan pada bagian tubuh lainnya.

Penyebab Deep Vein Thrombosis

Beberapa hal dapat menyebabkan terjadinya Deep Vein Thrombosis (DVT)  atau pembentukan bekuan darah, seperti:

Diagnosis Deep Vein Thrombosis

Untuk menentukan diagnosis Deep Vein Thrombosis (DVT), selain dengan mendata informasi tentang pasien dan lakukan pemeriksaan fisik, ada beberapa jenis pemeriksaan yang dapat membantu, yaitu:

Deep Vein Thrombosis

Gejala Deep Vein Thrombosis

Mereka yang memiliki masalah Deep Vein Thrombosis (DVT) umumnya mengalami beberapa gejala, seperti:

Bekuan darah/ thrombus pada area DVT dapat terlepas dan berjalan melalui pembuluh darah lalu menyumbatnya, hal ini dinamakan emboli. Pulmonary Emboli adalah salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada masalah DVT.

Pulmonary Emboli adalah emboli yang menyumbat arteri pada paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru atau organ tubuh lainnya, bahkan menyebabkan kematian.

Pengobatan Deep Vein Thrombosis

Ada beberapa teknik pengobatan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi Deep Vein Thrombosis (DVT), seperti:

Pencegahan Deep Vein Thrombosis

Secara umum, beberapa hal berikut bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan Deep Vein Thrombosis (DVT), seperti:

Mereka dengan faktor risiko berikut juga perlu lebih berhati-hati terhadap munculnya DVT, yaitu:

Mereka dengan faktor risiko ini sebaiknya rutin berkonsultasi ke dokter supaya dapat menjalani evaluasi secara menyeluruh. Jika Anda lakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk bergerak setidaknya sejam sekali dan hindari menggunakan pakaian yang ketat. Pastikan Anda minum cukup air. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan stoking kompresi atau antikoagulan sebelum lakukan perjalanan jauh.

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Deep Vein Thrombosis untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Exit mobile version