Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Balanitis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Balanitis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Balanitis? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Balanitis

Balanitis adalah peradangan di seputar kepala penis (glans penis) dan kulit yang melingkupinya yang umumnya disebabkan karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak laki-laki atau laki-laki dewasa yang tidak disunat.

Penyebab Balanitis

Balanitis bisa terjadi karena faktor kebersihan yang kurang diperhatikan di seputar area penis. Akibatnya, area ini lebih rentan mengalami infeksi, yang dapat berupa:

Balanitis juga dapat disebabkan karena kelainan kulit di penis seperti:

Seseorang lebih rentan terkena balanitis bila ia mengalami kondisi:

Diagnosis Balanitis

Untuk memastikan penyakit ini umumnya dokter perlu memeriksa kondisi penis, dan tidak selalu perlu lakukan pemeriksaan laboratorium. Akan tapi bila terdapat kecurigaan adanya diabetes, maka pemeriksaan gula darah perlu dilakukan.

Balanitis

Gejala Balanitis

Balanitis menimbulkan beberapa gejala, di antaranya seperti:

Pengobatan Balanitis

Bila balanitis disebabkan oleh infeksi jamur, maka pengobatannya biasanya dengan obat antijamur yang dioleskan ke penis. Sementara itu, bila infeksi bakteri yang jadi penyebabnya, maka pengobatan biasanya dengan pemberian krim antibiotik.

Kondisi tertentu pada kulit, seperti eksim dan psoriasis juga membutuhkan serangkaian pengobatan tersendiri. Bila balanitis terjadi berulang, maka sunat (sirkumsisi) perlu dilakukan.

Pencegahan Balanitis

Untuk cegah infeksi pada penis, kepala penis dan kulupnya harus senantiasa dibersihkan dan dijaga supaya berada dalam kondisi kering. Perhatiakan pula beberapa hal berikut yang yang perlu dilakukan:

Exit mobile version