Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Asites ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Asites ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Asites? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Asites

Asites adalah suatu kondisi ketika terjadi penumpukan cairan dalam rongga perut. Walaupun umumnya dilatarbelakangi oleh sirosis hati, asites dapat juga terjadi oleh sebab lainnya seperti gagal ginjal dan pankreatitis.

Penyakit Asites (Donikz/Shutterstock)

Penyebab Asites

Asites terjadi karena adanya penumpukan cairan dalam lapisan perut, antara kulit dan organ dalam. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa penyakit pendahulu, seperti:

Sirosis hati adalah penyebab paling sering pada kondisi asites. Sirosis adalah kerusakan hati permanen yang dapat disebabkan oleh hepatitis B, C, dan penyalahgunaan alkohol.

Pada sirosis terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah di dalam hati. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah ini menyebabkan cairan mudah keluar dari dalam pembuluh darah. Cairan ini kemudian mengisi daerah sekitarnya, termasuk di lapisan antara kulit dan organ dalamnya.

Tidak hanya itu, kerusakan hati juga membuat turunnya produksi protein albumin yang fungsinya mengikat air di dalam pembuluh darah. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah dan penurunan kadar albumin tersebut adalah dua mekanisme penyebab asites pada sirosis hati.

Kedua penyakit ini menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh yang sulit dikeluarkan. Penumpukan cairan ini dapat terjadi di mana saja, termasuk di perut.

Adanya tumor dalam rongga perut yang menekan pembuluh darah dapat menimbulkan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah. Akibatnya cairan dari dalam pembuluh darah akan keluar ke rongga perut.

Kanker kolon, pankreas, payudara, limfoma, paru, dan ovarium juga dapat menyebabkan seseorang mengalami asites. Selain kanker, pankreatitis atau radang di organ pankreas juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Diagnosis Asites

Asites didiagnosis melalui penggalian informasi medis ketika didapati keluhan perut yang semakin membesar. Terlebih bila ditemui riwayat penyakit lain yang dicurigai jadi pemicunya. Diagnosis ini dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.  Beberapa pemeriksaan yang mungkin diperlukan adalah:

Pemeriksaan fisik dilakukan dengan memantau kondisi tubuh. Bila cairan yang menumpuk di perut jumlahnya lebih dari 500cc, asites dapat dengan mudah dideteksi melalui pemeriksaan fisik. Akan tapi bila cairan jumlahnya sedikit maka USG juga diperlukan untuk memastikan adanya asites.

Selain USG, CT-scan juga diperlukan pada kasus tertentu untuk mencari tahu penyakit lain yang mendasarinya. Misalnya saja tumor di rongga perut. 

Di samping pemeriksaan imaging di atas, pengambilan cairan juga terkadang diperlukan untuk kemudian dianalisis di bawah mikroskop. Prosedur ini dinamakan parasintesis.

Pengambilan cairan dilakukan menggunakan jarum yang ditusukkan langsung ke perut setelah sebelumnya dilakukan pembiusan lokal. Dengan bantuan USG, jarum yang dimasukkan lewat kulit akan langsung diarahkan ke tumpukan cairan untuk kemudian disedot dalam jumlah yang diperlukan.

Untuk mengevaluasi kondisi umum penderita, seperti pemeriksaan faktor pembekuan darah, dapat dilakukan pemeriksaan darah lengkap. Pada penderita asites umumnya didapatkan gangguan pembekuan darah karena adanya gangguan pada organ hati.

Gejala Asites

Gejala yang timbul akibat asites di antaranya adalah:

Pengobatan Asites

Pengobatan asites dilakukan berdasarkan penyakit yang jadi penyebabnya dan untuk mengatasi keluhan yang terjadi.  Beberapa langkah pengobatan di antaranya adalah:

Diuretik adalah jenis obat yang banyak dipakai untuk menangani asites. Obat ini bekerja membuang garam dan air dari dalam tubuh. Dengan dibuangnya air yang berlebihan, keluhan asites diharapkan dapat berkurang.

Parasintesis dilakukan dengan menyedot kelebihan cairan dari dalam perut menggunakan jarum panjang. Dengan bantuan USG, sebuah jarum ditusukkan melalui kulit dan langsung mengarah ke area dalam perut tempat terjadi tumpukan cairan.

Metode ini umumnya dilakukan pada kasus asites berulang yang tidak memberi respons baik terhadap pemberian obat diuretik.

Pada kasus yang berat, operasi adalah salah satu langkah dalam penanganan asites. Sebuah selang akan dipasang di dalam tubuh guna memperlancar aliran darah pada organ hati. Dengan lancarnya aliran darah, penumpukan cairan yang menyebabkan asites juga diharapkan dapat segera teratasi.

Komplikasi Asites

Berbagai komplikasi dapat muncul sebagai kelanjutan dari asites. Komplikasi tersebut berupa:

Pencegahan Asites

Beberapa langkah pencegahan untuk menghindari terjadinya asites meliputi:

Exit mobile version