Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Aneurisma Berry ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Aneurisma Berry ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Aneurisma Berry? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Aneurisma Berry

Aneurisma adalah area yang lemah dan menonjol pada dinding pembuluh darah arteri di otak. Aneurisma berry dikenal juga dengan saccular aneurysm, adalah jenis aneurisma yang berbentuk seperti buah beri atau kantong dan memiliki ‘leher’.

Aneurisma ini sering kali ditemukan pada percabangan arteri. Selain jenis saccular atau berry, terdapat aneurisma jenis fusiform atau dissecting. Walau demikian, aneurisma berry adalah jenis yang paling umum ditemukan, bahkan mencapai sekitar 90 persen dari kasus aneurisma otak.

Penyakit Aneurisma berry (Blamb/Shutterstock)

Penyebab Aneurisma Berry

Untuk mengetahui penyebab aneurisma berry, perlu untuk memahami aneurisma terlebih dahulu.

Perlu diketahui, pembuluh darah arteri pada dasarnya senantiasa dilewati aliran darah. Jika terdapat kelemahan pada dinding pembuluh darah ini, aliran darah terus menerus dapat membuat dinding pembuluh arteri semakin tipis. Tekanan dari aliran darah terus menerus dapat membuat dinding yang tipis tersebut menonjol keluar.

Jika dibiarkan, tekanan darah dapat menyebabkan aneurisma ini pecah, sehingga aliran darah keluar dari pembuluh arteri dan mengisi ruang di sekitar otak. pecahnya aneurisma sering kali menyebabkan sub arachnoid hemorrhage (SAH) dan menyebabkan kematian penderita; 10 persen sebelum mendapat pertolongan medis, 25 persen dalam 24 jam pertama setelah aneurisma pecah, dan 40–49 persen dalam tiga bulan pertama.

Faktor resiko timbulnya aneurisma antara lain:

Diagnosis Aneurisma Berry

Selain lakukan anamnesis atau wawancara medis secara mendetail dan pemeriksaan fisik, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang untuk membantu diagnosis aneurisma berry. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan seperti:

Gejala Aneurisma Berry

Aneurisma otak berukuran kecil yang belum pecah sering kali tidak memiliki gejala sama sekali.

Aneurisma otak berukuran besar yang belum pecah bisa memberikan tekanan pada otak dan menghasilkan berbagai gejala neurologis, seperti:

Aneurisma otak yang pecah bisa menimbulkan gejala mendadak, seperti:

Pengobatan Aneurisma Berry

Penanganan terhadap aneurisma berry dapat dilakukan dengan bantuan obat-obatan dan tindakan pembedahan.

Exit mobile version